JAKARTA - Tesla menurunkan harga langganan perangkat lunak mengemudi otomatis (FSD) dari USD 199 menjadi USD 99 per bulan, dengan tujuan untuk mempromosikan sistem bantuan pengemudi yang canggih menjelang hasil kuartal pertama. Penurunan harga ini dilakukan hanya beberapa minggu setelah Tesla meluncurkan uji coba FSD gratis selama satu bulan untuk semua pelanggan di Amerika Serikat yang memiliki Tesla yang kompatibel, seperti dikutip dari TechCrunch, Sabtu (14/4). Uji coba ini masih berlangsung.

Sebelumnya dikenal sebagai FSD Beta, Tesla kini menyebut perangkat lunak tersebut sebagai Supervised FSD untuk memperjelas bahwa perangkat lunak tersebut tidak mengubah Tesla menjadi kendaraan otonom dan membutuhkan pengemudi manusia untuk mengawasi perangkat lunak tersebut.



FSD dapat menangani tugas-tugas mengemudi tingkat lanjut tertentu, seperti mengubah jalur, menghindari kendaraan dan objek, dan mengikuti rute navigasi pengemudi.

Penurunan harga FSD terjadi pada minggu yang sama ketika Tesla merilis penyesuaian versi V12 terbaru dari perangkat lunak untuk beberapa pengguna.

Menurut Tesla, pembaruan perangkat lunak terbaru meningkatkan kemampuan FSD untuk mengemudi di jalan perkotaan yang sepenuhnya didasarkan pada jaringan saraf.

Lebih banyak pengemudi yang menggunakan FSD tidak hanya berarti lebih banyak uang untuk Tesla. Ini juga berarti lebih banyak data video yang dapat digunakan oleh produsen kendaraan listrik untuk melatih jaringan saraf dan meningkatkan produk mereka.