Palembang - Pertamina International Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) Palembang, Sumatera Selatan, memastikan pasokan Avtur melebihi kebutuhan "Selama arus mudik dan arus balik Lebaran, atau selama bulan April 2024, kami menargetkan dapat memasok 3.000 kilo liter (KL) produk Avtur. Kami punya target," kata Area Manager Communication, Relations, CSR PT Kilang Pertamina International Refinery Unit III Plaju Siti Rachmi Indahsari di Palembang, Sabtu. Ia menjelaskan pasokan avtur tersebut 31% lebih besar dari kebutuhan yaitu 2.300 KL untuk memenuhi kebutuhan beberapa penerbangan Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) antara lain Palembang, Jambi, Bangka, Belitung dan Lampung. Beberapa hari kemudian, pada arus balik lebaran, permintaan terbesar di antara enam DPPU di Sumbagsel adalah di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II), yaitu sekitar 50 persen.

Dengan beroperasinya kilang Pertamina Praju yang saat ini sudah berjalan dengan baik, kami dapat memastikan pasokan Avtur yang aman dan memenuhi permintaan dengan kualitas yang sangat baik," katanya.

Dia mengatakan kilang ini tidak hanya memastikan aksesibilitas dan kualitas produk, tetapi juga terus meningkatkan aspek kesehatan dan keselamatan kerja (K3) dan kesehatan, keselamatan, dan keamanan lingkungan (HSSE).

"Di Pultamina, kami selalu memprioritaskan prinsip-prinsip K3 dengan menerapkan secara ketat aturan-aturan emas HSSE yaitu patuh, peduli, dan turun tangan sebagai bagian dari budaya kerja kami." Selama masa operasional Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (Rapi), Pultamina juga menyediakan call center135 yang dapat dihubungi masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar layanan, produk dan fasilitas yang disiapkan oleh Satgas Rapi. . "Kami akan terus berupaya maksimal untuk memastikan keamanan pasokan produk bensin, solar, Avtur dan LPG untuk mendukung kelancaran operasional Idul Fitri tahun 2024 dengan tetap menjaga keamanan dan keandalan kilang Plutamina Praju," ujar Lakhmi. katanya. Sementara itu, R. Iwan Winaya, Executive General Manager Bandara SMB II Palembang, menjelaskan bahwa puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 14 April 2024, dengan 60 pergerakan pesawat dan 10.200 penumpang yang akan melewati bandara di ibukota Sumatera Selatan ini.

"Total proyeksi penumpang di Bandara SMB II Palembang pada masa angkutan Lebaran 2024 sebanyak 152.229 orang atau meningkat sekitar 3% dibandingkan dengan angkutan Lebaran tahun sebelumnya," ujar Iwan.