JAKARTA - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel) memastikan stok elpiji 3 kg saat ini sangat aman, sehingga masyarakat diminta untuk tidak khawatir dalam memenuhi kebutuhannya selama Idul Fitri. "Masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan elpiji di Bangka Biritun karena ada tambahan pasokan dari Plutamina untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri," kata Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Ahmad Yani Provinsi Kepulauan Babel, dalam keterangannya, Kamis. dalam keterangannya, Kamis. Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel menambah 16.800 tabung elpiji tambahan untuk Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Babel, tambahnya. Pernyataan Pemprov Babel tersebut dibenarkan oleh pemilik sub agen penyalur elpiji 3 kg di Desa Pangkal Lalang, Muklis.

"Kami masih menerima 100 tabung per minggu. Menurut Muklis, permintaan bahan bakar gas 3 kg akan meningkat menjelang Lebaran, namun Pultamina masih mampu mengatasi lonjakan tersebut.

Ia menegaskan bahwa kalaupun ada sedikit masalah, biasanya dihadapi oleh rumah tangga dan usaha-usaha kecil yang hanya memiliki satu tabung. Jika gas habis dan pasokan baru tidak dikirim, mereka mungkin tidak bisa mendapatkan LPG 3 kg untuk memasak.

Ia juga menyatakan bahwa "situasi tersebut tidak terjadi pada konsumen yang memiliki tabung cadangan."

Bapak Mukhlis berterima kasih kepada Pertamina setempat yang telah menambah alokasi ke pangkalannya dan berharap dapat memperoleh pasokan 200 tabung gas 3 kg agar dapat memenuhi kebutuhan warga desanya dan juga desa-desa tetangga. Menurut dia, pihak Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel sangat proaktif dan bahkan rajin melakukan pengawasan langsung, sehingga mereka yang menawarkan penambahan tersebut.

"Oleh karena itu, kami membantah adanya kekurangan. Semua beroperasi seperti biasa. Kami juga menjamin bahwa Plutamina akan melakukan penambahan pasokan setelah lebaran". Sebelumnya, Plutamina melalui Plutamina Patra Niaga Regional Sumbagsel menambah 16.800 tabung elpiji bersubsidi untuk Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Babel. 24
"Penambahan pasokan elpiji bersubsidi ini untuk memenuhi mengantisipasi lonjakan permintaan masyarakat menjelang Idul Fitri," ujar Tjahyo Nikho Indrawan, Area Manager, Communications, Relations and CSR Sumbagsel. Ia menambahkan, pasokan 16.800 tabung tambahan LPG bersubsidi di Pulau Belitung, Kabupaten Belitung Timur, sebagai komitmen Pultamina dalam memastikan stok dan penyaluran LPG 3 kg melalui agen dan pangkalan tetap berjalan lancar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Di katakan sebanyak 9.520 tabung dan 7.280 tabung disalurkan di dua kabupaten tersebut, yaitu Kab.