Tanjungpandan - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung (Babel), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), akan menggelar kegiatan Rukyatul Hilal atau melihat hilal 1 Syawal 1445 Hijriah, Selasa (30/7) sore ini, di kawasan wisata Pantai Tanjung Pandam. "Kegiatan Rukyatul Hilal untuk menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah akan dilaksanakan sore ini di kawasan wisata Pantai Tanjung Pandam," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Babel, Masdar Nawawi, di Tanjung Pandam, Selasa. Menurut dia, lokasi pemantauan Hilal 1 Syawal 1445 Hijriah sama dengan kegiatan Rukyatul Hilal 1 Ramadhan 1445 Hijriah yang dilakukan sebelumnya, yakni kawasan wisata Pantai Tanjungpendam. Hal ini, kata dia, karena Pantai Tanjungpendam di Kabupaten Belitung merupakan salah satu titik pemantauan Hilal 1 Syawal 1445 Hijriah yang ditetapkan pemerintah pusat dari sekian banyak titik pemantauan lainnya di Tanah Air.

"Pantai Tanjung Pendam menjadi salah satu lokasi titik pantau nasional untuk melakukan pengamatan hilal dalam penentuan 1 Syawal 1445 Hijriah. Menurut Masdar, kegiatan Rukyatul Hilal 1 Syawal 1445 Hijriah di lokasi wisata Pantai Tanjung Pendam akan dimulai pada Selasa (4/9) pukul 17.00 WIB. Kegiatan ini akan melibatkan pemerintah daerah, Forkopimda, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Belitung, dan organisasi Islam setempat. "Peralatan yang digunakan, termasuk teropong dan teodolit, didukung oleh BPN Belitung dan komunitas pecinta astronomi Belitung.



Dia menjelaskan bahwa hasil pengamatan Hilal 1 Syawal 1445 Hijriah dari Tanjung Pendam Beach Point akan dilaporkan secara bertahap melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kanwil Kemenag Pusat.

"Sebagai bahan untuk pelaksanaan sidang Isbat penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Agama," katanya. Masdar menginginkan cuaca di daerah tersebut cerah, tidak mendung atau hujan, untuk membantu kelancaran pelaksanaan Ruqiatul Hilal 1 Syawal 1445 Hijriah. "Kami berharap cuaca membaik pada sore hari nanti dan hilal dapat teramati dengan sempurna dari titik-titik pemantauan sehingga dapat segera kami laporkan. Tapi apakah hilal terlihat atau tidak, kami akan melaporkannya," katanya.