Babel, Toboari - Pemerintah Kabupaten Banka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan sebanyak 1.000 paket makanan berbuka puasa (takjil) gratis kepada warga sebagai realisasi program Ramadan Berbagi. "Kami memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini dengan berbagi takjil gratis, ini merupakan program tahunan," kata Bupati Beltim Riza Herdavid di Tobo Ali, Rabu. Riza Herdavid yang turun langsung bersama istri membagikan takjil gratis kepada warga yang melintas di kawasan Jalan Himpan Lima Tboari, mengatakan, takjil gratis ini sebagai bentuk bantuan pemerintah kepada warga untuk mendapatkan beragam menu berbuka puasa. Ungkapnya. "Pembagian takzil gratis ini juga untuk memberikan warga, khususnya para pedagang, menu berbuka puasa yang sehat dan aman untuk disantap.

Bupati juga menyatakan bahwa program pembagian takjil gratis ini juga akan membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan pendapatan mereka.



"Kami telah memesan dan membeli 1.000 paket takzil gratis untuk para pelaku UMKM, dengan syarat menu yang ditawarkan aman bagi masyarakat dari segi kesehatan," katanya. Menurut dia, program pembagian takjil gratis ini merupakan salah satu cara pemerintah daerah untuk memberdayakan pelaku UMKM dengan membeli produk lokal. Bupati berharap kegiatan rutin tahunan ini dapat memberikan pengaruh kepada para pelaku usaha dalam meningkatkan modal dan pendapatan. "Dengan demikian, usaha yang mereka jalankan akan terus tumbuh dan berkembang di tengah iklim ekonomi yang masih lemah saat ini," katanya.