Jakarta-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan sedang hingga lebat disertai petir pada Sabtu untuk beberapa wilayah di Indonesia, yaitu Bangka Belitung, Banten, Bengkuru, Gorontalo, Jawa Timur, dan Kalimantan tengah.

BMKG mengeluarkan peringatan yang sama untuk Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Mark, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Diperkirakan akan terjadi hujan lebat di Lampung dan Sumatera Utara.

BMKG juga memperingatkan tentang risiko hujan disertai petir menyambar di Bali, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.



Sebagian besar kota di Indonesia diperkirakan akan berawan pada siang hari, antara lain Banda Aceh, Serang, Bengkuru, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung, Banjarmasin, Tarakan, dan Manado.

Langit mendung diperkirakan terjadi sepanjang hari di banyak kota, termasuk Mamju, Palembang, dan Serang.

Pada siang hari, sebagian kecil-Kupang, Vandal Lampung, dan Pontianak-berisiko terkena petir. Pontianak juga diperkirakan akan menerima hujan deras di pagi hari.

Hujan ringan diperkirakan turun di banyak kota seperti Medan, Padang, Kendari, Pekanbar, Manokwari, Gorontalo, Palangkaraya, Pankalpinan, Tanjungpinan, Ambon, Ternate, Mataram dan Jayapura.

Kota Jayapura diperkirakan akan menerima curah hujan dari siang hingga dini hari, hujan ringan pada siang dan dini hari, dan hujan sedang pada malam hari.

Hujan ringan diperkirakan turun pada siang hari di banyak kota, antara lain Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jambi, Bandung, Semarang, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Mataram, Jayapura, Manokwari, Mamju, Kendari dan Padang.

Sedangkan untuk DKI Jakarta, seluruh kota diperkirakan akan mendung atau mendung pada malam hari. Juga, seluruh kota berawan di malam hari.

Sedangkan pada siang hari, Jakarta Barat dan pusat akan berawan, Jakarta selatan dan Timur akan hujan ringan, dan Kepulauan Kuril dan Jakarta Utara akan berawan.