Penjabat Gubernur Pangkalpinang-Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA telah memastikan arus mudik Lebaran 2024 sudah siap di Pelabuhan Muntok Kabupaten Bangka Barat untuk memastikan arus mudik aman, lancar dan tertib.

"Saya sudah perintahkan Bupati Banka Barat menyiapkan sarana dan prasarana penunjang, agar tidak terjadi lagi antrean panjang mobil di pelabuhan Muntok saat arus mudik Levaran," kata Safrizal ZA dari Pangkal Pinang, Jumat.



Dikatakannya, untuk mengatasi kemacetan kendaraan yang cukup lama di pelabuhan Muntok Bangka Barat, pemerintah Bupati Bangka Barat menyediakan kantong parkir kendaraan bagi pemudik yang menyeberang ke Palembang, Sumatera Selatan, dan bertambah

Selain itu, Pemprov Bangka Barat dan pengelola pelabuhan diminta melakukan simulasi keluar masuknya kapal penumpang untuk mencegah penumpukan calon penumpang di terminal pelabuhan. Itu.



" Tentunya dalam simulasi keluar masuknya kapal kita mengetahui waktu dan bisa membandingkannya dengan jumlah orang yang pulang melalui pelabuhan," katanya.

Menurutnya, setiap kali memasuki arus mudik Levaran, pelabuhan Muntok Kabupaten Bangka Barat menjadi pelabuhan terpadat dan tersibuk karena tingginya minat masyarakat untuk kembali ke Sumatera.

"Setiap tahun terjadi kemacetan yang panjang di pelabuhan ini, sehingga semua pihak membutuhkan sinergi untuk memastikan arus mudik tahun ini aman, nyaman dan tertib," katanya.



Kami berharap sarana dan prasarana yang mendukung tren mudik tetap ada tahun ini dan masyarakat yang datang dan pergi akan aman dan nyaman."