JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa curah hujan masih berpeluang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia, dengan beberapa wilayah diperkirakan akan mengalami hujan lebat, sementara wilayah lainnya diperkirakan akan mengalami hujan ringan. Dalam peringatan dini cuaca yang dikutip dari situs web BMKG dari Jakarta pada hari Kamis, hujan lebat di banyak daerah di provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur Hujan lebat diprakirakan terjadi di sebagian besar wilayah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Wilayah lain yang berpotensi hujan lebat adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua.

Sementara Lampung, DKI Jakarta, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan.



BMKG juga memperingatkan bahwa angin kencang berpotensi terjadi di Jawa Barat dan Maluku.

Kota-kota besar yang diperkirakan akan diguyur hujan hari ini antara lain Pangkalpinang dan Palembang, di mana hujan petir mungkin terjadi.

Hujan dengan intensitas sedang berpeluang terjadi di Surang, Jayapura, Mamuju dan Makassar. Cuaca berawan dan cerah diperkirakan terjadi di kota-kota lainnya.
Khusus di wilayah DKI Jakarta, hujan ringan akan turun pada sore, malam dan dini hari di Jakarta Barat. Hujan ringan berpeluang terjadi di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara pada malam hari, serta di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore dan dini hari.
BMKG juga memperingatkan bahwa banyak titik di Sumatera Selatan, Banten, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua dalam keadaan siaga untuk menghadapi dampak hujan lebat, termasuk banjir.