Toboari, Babel - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mengungkapkan bahwa tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di daerah itu mencapai 88,76%. "Ini merupakan angka partisipasi tertinggi sepanjang sejarah pemilu di Banka Selatan dan angka partisipasi Banka Selatan pada pemilu 2024 merupakan yang tertinggi di antara seluruh kabupaten/kota di Banka-Biritung," kata Syahrullah, Komisioner KPU Banka Selatan, di Toboari, Senin.
Tingginya angka partisipasi pemilih di wilayah pedesaan ini berkat kerja sama berbagai pihak, termasuk PPK, PPS, TNI, Polri, Bawaslu, pers, peserta pemilu, dan pemerintah daerah, kata Syahrullah.

"Kami berkomitmen untuk mencapai pemilu yang aman dan damai dan meningkatkan partisipasi dari berbagai elemen, berbagai konstituen.

Dia menyatakan bahwa peran media khususnya sangat membantu dalam meningkatkan partisipasi pemilih dengan memberikan informasi kepada masyarakat tentang pemilu.

"Pemerintah daerah juga berkepentingan untuk mewujudkan pemilu yang bebas konflik di daerah-daerah, seperti halnya TNI dan Polri.

Dia mengatakan bahwa melihat jumlah pemilih per kecamatan, Kecamatan Tukak - Sadai memiliki tingkat partisipasi pemilih tertinggi, mencapai 91,53 persen dengan total 9.388 DPT
"Kecamatan Tukak Sadai memiliki jumlah DPT tertinggi di kabupaten ini di Sumatera Selatan. Bangka Selatan dibandingkan Kecamatan Toboali yang hanya 86,70 persen dengan total 57.784 DPT, meskipun memiliki jumlah tertinggi di Bangka. Di sisi lain, Kecamatan Pongok memiliki tingkat partisipasi terendah yaitu 85,33 persen dengan jumlah DPT sebanyak 3.143 orang.