JAKARTA - Menurut peringatan dini cuaca dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), Indonesia berpeluang mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah, termasuk kota-kota besar, pada hari Senin. Menurut peringatan cuaca BMKG yang dikutip dari Jakarta, Senin, titik-titik di provinsi yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur. Selain itu, hujan dengan intensitas lebat juga berpeluang terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua. Curah hujan dengan intensitas ringan berpeluang terjadi di Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Bali dan Kalimantan Selatan. Curah hujan dengan intensitas lebat berpeluang terjadi di beberapa kota besar di Indonesia, termasuk Semarang, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, dan Mamuju. Curah hujan sedang diperkirakan terjadi di Yogyakarta, Palangka Raya dan Kupang.



Curah hujan sedang berpeluang terjadi di Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu, terutama di wilayah metropolitan Jakarta. Hujan ringan terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

BMKG telah menempatkan sejumlah wilayah dalam kategori peringatan untuk dampak hujan lebat, termasuk banjir. Daerah-daerah tersebut antara lain Sumatera Barat, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT.



Pada hari Senin, peringatan dini juga dikeluarkan untuk wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat dan Papua.