JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada hari Senin mengeluarkan peringatan dini untuk curah hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia. Beberapa wilayah tersebut adalah Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Jambi, Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Lampung, Bangka Belitung, dan Riau. Sementara itu, hujan lebat diperkirakan akan terjadi di Aceh dan Papua Barat. misalnya hujan dengan intensitas sedang di Yogyakarta dan Padang, hujan lebat di Bandung dan hujan petir di Pangkalpinang. Sementara itu, hujan disertai petir di Surabaya pada sore dan malam hari. Hujan ringan diperkirakan terjadi di Gorontalo, Jambi, Banjarmasin, Ambon, Jayapura, Manokwari, Manado dan Medan. Berawan pada siang hari di Samarinda, Tarakan, Kupang, Pekanbaru, Mamuju dan Makassar, serta berawan pada siang hingga dini hari di Mataram.



Perwakilan BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk mewaspadai dan mempersiapkan diri menghadapi cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi yang mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga Februari 2024.

"Kejadian cuaca ekstrem ini dapat terjadi selama puncak musim hujan di bulan Januari dan Februari. Curah hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia". Dalam sebuah pernyataan di Bandung, Jawa Barat, pada hari Selasa (30/1), Dwikorita mengatakan bahwa curah hujan kurang lebih sama, yaitu 400 mm dalam sebulan. Namun, ia mengatakan bahwa curah hujan bisa menjadi lebih ekstrim setiap harinya. "Curah hujan bisa mencapai lebih dari 100 mm per hari, bahkan bisa mencapai 150 mm," katanya.