Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Pangkalpinang-Bangka Belitung mengatakan, 4 calon jamaah haji dari wilayah tersebut membatalkan keberangkatannya karena beberapa alasan.

" 4 calon haji ini menunda keberangkatannya karena beberapa alasan, antara lain faktor keluarga dan ekonomi, " kata kepala dinas Haji dan Umroh Kemenag Babel H Rebuan Pangkalpinang Senin.

Dikatakannya, 4 calon haji yang membatalkan pemberangkatan tersebut berasal dari wilayah Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Beritung Timur.

"Calon haji di Bangka, Bangka Tengah dan Bangka Selatan membayarkan biaya haji dan menunda keberangkatan hingga tahun depan," katanya.

Sedangkan calon haji asal Beritung Timur yang juga sudah membayar iuran haji, menarik iuran Haji.

"Saya tidak tahu mengapa calon haji menarik uang pembayaran haji, apakah faktor ekonomi memenuhi kebutuhan atau karena alasan lain," katanya.

Menurutnya, pembatalan pemberangkatan haji sebanyak 4 orang itu bukan karena faktor kesehatan yang membuat mereka tidak bisa menunaikan ibadah haji ke Mekkah.

" Dengan penundaan keberangkatan 4 calon haji ini, jumlah total jamaah asal Babylon yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini menjadi 1.112 dan akan mulai berangkat pada 2024/5/15, " katanya.