Belitung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan kelancaran pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di wilayah tersebut.

"Kami memastikan pelaksanaan PSU Pemilu 2024 di dua tempat pemungutan suara (TPS) di Belitung hari ini berjalan lancar," kata Ketua KPU Belitung, Amir Husin di Tanjungpandan, Minggu.

Menurut dia, PSU Pilpres 2024 di daerah itu dilaksanakan di dua TPS, yakni TPS 001 Desa Air Raya, Kecamatan Tanjungpandan dan TPS 006 Desa Kembiri, Kecamatan Membalong.

"Pelaksanaan PSU di TPS-TPS tersebut berjalan dengan lancar dan sukses mulai dari pemungutan suara hingga pembukaan suara.

Lebih lanjut, lanjutnya, tingkat partisipasi pemilih pada pelaksanaan PSU Pemilu 2024 di wilayah tersebut cukup tinggi.

Ia menyatakan jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada PSU Pemilu 2024 di TPS 001 Desa Ay Raya sebanyak 215 orang, terdiri dari 104 laki-laki dan 111 perempuan.

Sementara itu, jumlah pemilih PSU di TPS 006 di Desa Kembiri, Kecamatan Membarong, sebanyak 181 orang.

"Partisipasi pemilih pada PSU Pilpres 2024 di dua TPS tersebut cukup tinggi dan tidak berbeda jauh dengan pemungutan suara pada 14 Februari lalu.

Dia berterima kasih kepada semua partai politik atas keberhasilan pelaksanaan PSU Pemilu 2024.

Menurutnya, PSU Pilpres 2024 dilaksanakan berdasarkan rekomendasi Bawasul Biritung melalui Panwaskam Tanjung Pandan dan Panwaskam Membalong terkait adanya temuan pemilih yang memiliki KTP-el di luar daerah yang menggunakan hak pilihnya tanpa mengurus surat pindah memilih. Dilaksanakan.

"Kami berterima kasih kepada seluruh partai politik atas dukungannya untuk memastikan pelaksanaan PSU Pilpres 2024 berjalan lancar, sukses, dan kondusif.