Jelang Idul Adha, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Pasar Tradisional Cimahi Turun

1detailcreator | Senin, 27 Juli 2020 21:14 WIB | 471 kali Jelang Idul Adha, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Pasar Tradisional Cimahi Turun

Jelang Hari Raya Idul Adha, harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional Kota Cimahi relatif masih stabil. Bahkan ada  beberapa komoditi yang mengalami penurunan harga karena banyaknya pasokan, dan turunnya permintaan.

Seperti pantauan di Pasar Atas Jalan Kolonel Masturi, Senin (26/7/2020). Harga daging ayam, telur ayam, dan daging sapi relatif masih stabil. Daging ayam rata-rata dijual dengan harga Rp 32 ribu/kg, telur ayam Rp 26 ribu/kg, dan daging sapi dibadrol Rp 110 ribu/kg.

"Sudah beberapa hari ini harga daging ayam stabil, malahan kemarin berangsur turun dari asalnya Rp 38 ribu/kg, sekarang Rp 34 ribu/kg. Biasanya seminggu jelang Idul Adha suka naik, sekarang mah stabil," ujar Rudi (41), seorang pedagang daging ayam.
 

Dikatakan Rudi, menurunnya harga daging ayam ini diduga karena banyaknya pasokan, sementara permintaan menurun sebagai dampak dari mewabahnya virus korona (Covid-19).

"Sekarang 'kan anak-anak sekolah pada belajar di rumah karena ada korona, biasanya yang jualan chiken katsu, nugget atau makanan olahan daging untuk di jual di sekolah-sekolah beli daging sapi dan daging ayamnya kesini," ujar Rudi yang juga penjual daging sapi.

Untuk daging sapi, sambung Rudi, harganya juga relatif stabil yakni Rp 110 ribu/kg. Meski begitu ia memprediksi harga kedua jenis daging ini akan mengalami kenaikan mendekati Idul Adha.

"Mungkin besok atau lusa harga naik. Kalau daging sapi biasanya naik Rp 5 ribu/kg. Untuk daging ayam saya ngga tau kenaikannya berapa, karena sekarang kan kondisinya beda, ada korona," bebernya.

Sementara untuk komoditas sayuran, beberapa diantaranya ada yang mengalami penurunan harga. Diantaranya, tomat dari asalnya Rp 12 ribu/kg, turun menjadi Rp 8 ribu/kg. Kol dari asalnya Rp 8 ribu/kg, turun menjadi Rp 7 ribu/kg.

Yuk Bagikan :

Baca Juga