Pangkalpinang - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA menginstruksikan seluruh aparatur sipil negara (ASN) dan honorer untuk menyosialisasikan inovasi pelayanan publik, guna memberikan pelayanan yang terbaik masyarakat di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Keberhasilan dan kesuksesan inovasi layanan publik ini dari sosialisasi," kata Safrizal ZA di Pangkalpinang, Rabu.



Ia mengatakan, jumlah ASN di lingkungan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung mencapai 6.000 orang dan honorer 3.300 honorer, sementara ASN di instansi vertikal sekitar 1.000 lebih orang, sehingga sangat memudahkan pemerintah dalam menyosialisasikan inovasi layanan dan kebijakan kepada penduduk Babel yang berjumlah 1,5 juta jiwa.

"ASN dan honorer cukup menyosialisasikan inovasi layanan publik ini melalui media sosial, WA dan lainnya," ujarnya.

Ia mengakui sosialisasi melalui alat komunikasi dan media sosial ini sangat efektif, mudah dan cepat, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di daerah ini.

"Kemarin saya sudah membuktikan sosialisasi penerbangan perdana Maskapai Batik Air di Bandara Depati Amir Pangkalpinang melalui "WhatsApp/WA" dan alhamdulillah tempat duduk pulang pergi maskapai ini penuh," katanya.



Menurut dia sosialisasi inovasi layanan publik khususnya perpajakan sangat penting, guna meningkatkan pendapatan asli daerah ini.

Inovasi layanan pajak yang telah dilakukan Pemprov Kepulauan Babel diantaranya seperti pelayanan samsat drive thru, samsat corner, samsat gerai, samsat keliling, samsat setempoh, dan pelayanan di mall pelayanan publik Kabupaten Bangka.

"Insya Allah masyarakat akan ramai membayar pajak dan tolong ASN, honorer menyosialisasikan inovasi layanan ini, sambil kita membuat inovasi-inovasi lainnya," katanya.