Pangkalpinang - Kantor Basarnas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiagakan lima pos pelayanan pertolongan dan pencarian, sebagai kesiapsiagaan dan penanganan kecelakaan kapal menjelang perayaan Imlek 2024.

"Kami melakukan siaga khusus untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas kapal angkutan orang dan objek wisata pantai menjelang Imlek tahun ini," kata Kepala Kantor Basarnas Provinsi Kepulauan Babel I Made Oka Astawa di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan lima pos pelayanan SAR di Provinsi Kepulauan Babel yang disiagakan diantaranya Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Muntok Kabupaten Bangka Barat, Toboali Bangka Selatan, Tanjungpandan Belitung dan Manggar Kabupaten Belitung Timur.

Selain itu, Basarnas Kepulauan Babel juga menyiagakan personil di kawasan objek wisata pantai, guna mengantisipasi kecelakaan wisatawan yang terseret arus saat berwisata merayakan Imlek.



"Semua pos ini sudah memiliki alur pelayanan laut dan darat, guna mengoptimalkan pelayanan pertolongan kepada korban kecelakaan di laut," katanya.

Ia menyatakan selama Imlek ini, tim disiagakan 24 jam di titik-titik penyeberangan kapal angkutan penumpang di Pelabuhan Pangkalbalam, Tanjung Kalian, Sadai, Tanjungpandan dan Manggar.

"Menjelang Imlek ini akan ada peningkatan arus penumpang angkutan laut, udara dan darat, sehingga kita harus mengantisipasinya," katanya.

Ia mengimbau masyarakat segera melapor jika terjadi kecelakaan kapal di laut, agar tim bisa cepat merespon dan memberikan pertolongan kepada korban kecelakaan ini.

"Masyarakat bisa melapor ke siapa saja atau instansi terkait lainnya jika terjadi kecelakaan, agar tim basarnas bisa cepat memberikan pertolongan," katanya.