Home >

November, Perda RTRW Babel Selesai


November, Perda RTRW Babel Selesai

PANGKALPINANG - Pembentukan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diperkirakan akan selesai November mendatang. Selanjutnya, Babel akan menunggu keputusan dari Kementerian Kehutanan terkai usulan-usulan Babel atas status lahan yang masuk RTRW. 

Ketua Panitia Khusus (Pansus) RTRW Babel, Didit Srigusjaya mengatakan, perlu kehati-hatian dalam merancang Perda RTRW ini. Setiap permasalahan harus dinilai secara objektif sehingga nanti produk perda yang dihasilkan benar-benar berpihak kepada masyarakat secara keseluruhan.

Menurut Didit, pihaknya sudah melakukan ekpose dari usulan-usulan setiap dinas, dan akan dilakukan uji publik kepada masyarakat, sehingga masyarakat tahu apa yang telah dilakukan selama ini "Hari ini kita papar ekpose dari beberapa usulan dari Dinas Pertambangan mengenai kondisi areal pertambangan di Babel, sehingga tidak terjadi tumpang tindih antara pertanian dan pariwisata. Setelah masalah-masalah sudah terakomodir berdasarkan aturan, maka perda ini akan kita uji publik, dan akan kita transfer kepada semua elemen masyarakat Babel yang mewakili seperti media dan lain sebagainya untuk kita minta koreksi lagi," urainya.

Kemudian lanjut Didit, akan ada masukan lagi dari uji publik sekitar kurang lebih 3 minggu supaya masyarakat tahu tentang pruduk RTRW yang dibahas dewan.

Dalam merancang Perda ini kata Didit, pihaknya sudah menerima masukan dari setiap kalangan dengan mengakomodir semua masukan secara tertulis baik dari Kapolda, dari beberapa kepala daerah, pelaku pariwisata, dan LSM.

Mengenai masalah perda RTRW tersebut lanjut Didit,  tidak semua bisa diakomodir oleh provinsi, pasalnya ada kebijakan-kebijakan teknis yang menjadi kewenangan kabupaten dan kota. 

Didit berharap, dengan selesainya perda tersebut bisa memberikan sedikit perubahan, walaupun nantinya belum bisa memberikan yang terbaik untuk Babel. Didit menambahkan, pembentukan Perda RTRW Babel ini termasuk tercepat bila dibandingkan dengan beberapa daerah di Indonesia. "Kalau di Lampung itu, hampir 2 tahun. Artinya Babel serius melakukan itu, karena menyangkut semua sektor yang ada di Babel," pungkasnya. (ydi)



Berikan Komentar

Lainnya
Serangannya Ibarat Boling, dan Gadis di Bawah Truk..Oh Dia Melindasnya
Serangannya Ibarat Boling, dan Gadis di Bawah Truk..Oh Dia Melindasnya
Jum'at, 15 Juli 2016 15:11 WIB
NICE - Data korban dari tragedi serangan truk di Nice, Prancis, Kamis (14/7) malam terus bertambah. Terakhir, setidaknya 84 orang
Serangan Truk di Prancis: Anaknya Terkapar...Berdarah
Serangan Truk di Prancis: Anaknya Terkapar...Berdarah
Jum'at, 15 Juli 2016 15:09 WIB
NICE - Serangan truk yang menabrak kerumunan orang yang sedang merayakan Bastille Day di Nice, Prancis, Kamis (14/7) malam waktu
Menang atau Kalah
Menang atau Kalah
Selasa, 28 Juni 2016 18:57 WIB
"Sesungguhnya puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya, ia meninggalkan syahwat dan makannya karena aku, maka Aku yang akan
Weew... Pekerjaan Bergaji Rp 5,4 Miliar Ini Sepi Peminat
Weew... Pekerjaan Bergaji Rp 5,4 Miliar Ini Sepi Peminat
Rabu, 02 Maret 2016 07:42 WIB
SELANDIA BARU - Mendapat gaji melimpah tentu menjadi impian semua pekerja. Namun, hal itu tidak berlaku bagi sebuah pekerjaan di