Cimahi Kota Militer, Bakal Dibangun Patung Jendral Besar Sudirman Dekat Cimall

1detailcreator | Rabu, 24 Agustus 2022 05:30 WIB | 552 kali Cimahi Kota Militer, Bakal Dibangun Patung Jendral Besar Sudirman Dekat Cimall

Kuatnya identitas Cimahi sebagai Kota Militer sejak dulu hingga kini membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi berencana untuk membangun patung Jenderal Sudirman di Taman Segitiga Sriwijaya, Kelurahan Setiamanah, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat. 

Di taman seluas 200 meter itu sebelumnya juga telah terpasang tank berjenis amx-13, sehingga dengan tambahan patung Jenderal Sudirman diharapkan dapat memperkuat identitas Kota Cimahi sebagai Kota Militer.

"Kita (Pemkot Cimahi) akan memasang patung Jenderal Sudirman di situ (Taman Segitiga Sriwijaya), tapi masih menunggu izin karena lahannya milik Kodam III Siliwangi," kata Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, Selasa (23/8/2022).

Dia menjelaskan, dengan adanya patung Jenderal Sudirman di Taman Segitiga Sriwijaya diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat, khususnya anak-anak, yang kerap berkumpul di lokasi tersebut.

"Rencana pemasangan di situ karena itu kan taman tempat berkumpul dan nongkrong warga Cimahi," ujar Ngatiyana.

Dengan begitu, Ngatiyana menambahkan, Taman Segitiga Sriwijaya nantinya bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat Cimahi. "Jadi sebagai sarana edukasi, ini (Jenderal Sudirman) pahlawan nasional yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia," pungkasnya.

Cimahi dijuluki sebagai Kota Militer atau Kota Tentara karena banyaknya pusat pendidikan militer yang berada di wilayahnya. Cimahi mulai dipilih sebagai markas militer sejak Belanda masih menduduki Indonesia. Pasukan militer Belanda memilih membangun sebuah pangkalan militer di Cimahi karena lokasinya dianggap strategis.

Selain dijadikan sebagai pangkalan militer, Cimahi juga dibangun sebagai gerbang pertahanan untuk melindungi Pangkalan Udara Militer di Andir, Bandung, Jawa Barat. 

Yuk Bagikan :

Baca Juga