Cara Membuat Konten Video YouTube yang Menarik untuk Pemula


Cara Membuat Konten Video YouTube yang Menarik untuk Pemula

Media sosial bukan hanya menjadi konsumsi pribadi tetapi juga publik. YouTube hari ini menjadi media untuk mengabadikan berbagai momen berbentuk video. Tidak hanya sebagai hobi, konten video yang diposting di YouTube juga bisa menjadi pundi-pundi uang. 

Jika Anda memang menggunakan YouTube untuk membuat konten khusus bisnis, maka perlu mengonsepnya dengan baik. Jika Anda membuatnya untuk konten bebas pun perlu penyajian yang menarik perhatian agar banyak kunjungannya. 

Cara Membuat Konten Video YouTube Menggunakan HP

Cara membuat konten yang menarik perlu persiapan yang matang. Anda bisa menggunakan HP untuk membuat konten dengan kualitas kamera yang memadai. Video dengan HP bisa diatur sedemikian rupa selama Anda memahami teknik pengambilan video yang tepat. 

Pembuatan video dengan HP lebih fleksibel bisa kapanpun dan di manapun. Tidak hanya itu, Anda bisa membuat konten sendiri tanpa membutuhkan bantuan orang lain untuk merekam. Berikut ini adalah cara yang bisa diterapkan untuk membuat konten video menarik.

1. Tentukan Tujuan Pembuatan Video

Mulailah dengan menentukan tujuan pembuatan video agar proses pembuatannya lebih terarah. Tujuan pembuatan video ini sejalan dengan sasaran dari audiens video yang akan dibuat. Kenali siapa yang akan menjadi audiens Anda. Misalnya dari segi usia berapa rentang usia audien yang mengikuti konten YouTube. Sesuaikan dengan kriteria atau hobi audiens lebih suka tentang apa. 

2. Lakukan Riset Konten

Cara membuat video kreatif sendiri dengan melakukan riset konten. Riset dimulai dengan melihat apa yang menjadi trend konten di berbagai media. Lakukan juga riset kata kunci agar konten Anda mudah ditemukan. Riset juga bisa dengan mencari referensi dari konten kreator yang setipe dengan Anda. Saat riset gunakan tools secara online untuk mendapatkan kata kunci terbaik. Lakukan pembuatan konten dengan menggunakan storyboard agar lebih terarah untuk outline gambar dari video.  Kelebihan konten yang dibuat setelah riset tentunya memiliki kualitas isi yang padat tidak bertele-tele dan tentunya berdasarkan fakta yang ada.

3. Pengeditan Video

Cara membuat konten video yang menarik dengan melakukan pengeditan. Buatlah video yang dilengkapi berbagai elemen. Anda bisa menambahkan teks yang diperlukan untuk mendukung isi konten. Suara juga bisa ditambahkan sebagai pengantar konten sebelum dimulai. Lebih menarik lagi jika menambahkan backsound musik yang selaras dengan isi kontennya. 

Pembuatan dengan HP tentunya lebih memudahkan Anda untuk menggunakan berbagai jenis aplikasi edit video. Aplikasinya bisa diunduh secara gratis tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Lebih praktis lagi dalam pengeditan video menggunakan template yang telah ada. Anda tinggal mencari aplikasi yang menyediakan template video terbaik. 

4. Tentukan Ide Konten 

Cara membuat video kreatif di HP ataupun laptop tentunya membuat Anda perlu menentukan ide kontennya. Beberapa pilihan ide konten yang biasanya banyak diminati adalah tutorial. Pilihan bahannya bisa seputar tutorial make-up, resep masakan, atau berbagai aktivitas lainnya yang lagi trend. 

Video tutorial tentunya akan menambah wawasan audiens dan membuatnya tertarik untuk terus mengikuti Anda. Ide konten yang tidak kalah menarik adalah sharing tips, tutorial penggunaan aplikasi, pengetahuan, ataupun pengalaman berkesan. Jangan lupa gunakan bahasa yang asik dan tidak kaku. 

Usahakan untuk menguasai ide konten yang dibuat dan sebaiknya benar-benar original karya sendiri tanpa menduplikat konten orang lain. Gunakan ciri khas sendiri dalam membuat konten agar penonton Anda lebih mengenal dan terus menyimak konten yang dibagikan. Jika Anda kehabisan ide bisa melakukan diskusi terlebih dahulu sampai menemukan topik yang menarik.

5. Gunakan Kamera Kualitas Tinggi

Cara membuat konten yang menarik tentunya menggunakan kamera berkualitas tinggi. Tujuannya agar hasil yang didapatkan tidak buram atau pun pecah. Kualitas warna pada video yang dihasilkan juga menarik. Jadi, saat diunggah ke Youtube video Anda tidak mengalami masalah. 

Tinggal memilih HP yang kameranya berkualitas terbaik. Di mana kualitas kamera bisa diketahui saat dilakukan zoom gambar tidak pecah dan bisa menangkap audio dengan jelas tanpa harus menggunakan alat tambahan apa pun.

6. Judul yang Bikin Penasaran

Sebagus apapun Anda mengemas konten sebuah video jika tidak membuat judul yang bikin penasaran tentu tidak menarik minat para audien untuk melihatnya. Buatlah judul yang clickbait tetapi tidak hoax alias sesuai dengan isi kontennya. Gunakan kata kunci untuk menguatkan daya tarik judul tersebut. Jangan terlalu panjang, cukup gunakan kata yang padat dan jelas. 

7. Pilihan Waktu Penayangan

Setelah semua langkah selesai, Anda tinggal memilih waktu yang tepat untuk penayangannya. Tergantung Anda jika sasarannya di atas 23 tahun bisa memilih waktu weekday untuk menayangkannya karena masih banyak yang di tahap bekerja.  

Jadi bisa memanfaatkan peluang yang lebih banyak lagi untuk kunjungan mereka di weekday jam istirahat atau pulang kerja. Jika audiens Anda di bawah 23 tahun yang pada umumnya masih kuliah atau sekolah bisa menayangkan kontennya weekend saat libur sekolah. Bisa hari sabtu atau minggu disesuaikan dengan kesiapan kontennya. 

Pilihan kamera Handphone terbaik untuk membuat konten video adalah iPhoneAda banyak sekali tipe yang tersedia untuk dipilih dengan kualitas kamera yang tidak perlu diragukan lagi. Pembelian iPhone bisa secara online di Blibli. 

Belanja online di Blibli tentu super mudah dan cepat. Barang sampai ke rumah dengan aman. Soal kualitas tidak perlu ragu pasti original. Anda bisa melihat katalog iPhone langsung di situs Blibli. Spesifikasi dan harga langsung tertera dengan jelas. Jadi, tunggu apa lagi?







Berikan Komentar

Weekend Lainnya
Rekomendasi Apartemen Jakarta Selatan Untuk Menginap
Rekomendasi Apartemen Jakarta Selatan Untuk Menginap
Jum'at, 26 November 2021 22:58 WIB
Umumnya banyak orang memilih menginap di daerah Jakarta Selatan untuk alasan pekerjaan atau hanya ingin staycation bersama keluarga dan kerabat.
8 Produk Her Jewellery Terfavorit
8 Produk Her Jewellery Terfavorit
Minggu, 22 Agustus 2021 12:49 WIB
RADARBANGKA.CO.ID - Berbagai macam koleksi dari Her Jewellery tampaknya membuat para wanita tertarik dan terpesona. Beberapa koleksinya yang menawan dan
WebNikah, Cara Gampang Buat Website Undangan Pernikahan Gratis
WebNikah, Cara Gampang Buat Website Undangan Pernikahan Gratis
Minggu, 22 November 2020 10:00 WIB
RADARBANGKA.CO.ID - Saat pendemi seperti ini menyebarkan undangan fisik memang butuh tenaga dan keberanian, selain memang memakan waktu dan biaya
Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Dengan Mudah dan Murah
Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Dengan Mudah dan Murah
Jum'at, 21 Februari 2020 00:26 WIB
Tiket pesawat ke Padang merupakan hal yang Anda perlukan untuk bisa terbang ke Padang. Padang merupakan kota yang terletak di