5 Tips Penting Solo Traveling ke Luar Negeri untuk Pemula


5 Tips Penting Solo Traveling ke Luar Negeri untuk Pemula

Lagi ngidam pengin traveling tapi teman-teman enggak ada yang mau nemenin? Enggak perlu khawatir, kamu bisa melakukan solo traveling ke destinasi wisata impianmu. Ada beberapa hal menyenangkan yang bisa kamu dapat dari solo traveling. Kamu bisa bebas menentukan ke mana akan pergi dan bertemu dengan orang-orang baru. Meski menyenangkan, solo traveling, tuh, gampang-gampang susah.

Nah, karena kamu bepergian seorang diri ke daerah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, kamu tentu wajib berhati-hati agar perjalanan kali ini berakhir menyenangkan. Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu kamu ketahui. Apa saja? Cek info selengkapnya di artikel ini, ya.

1. Lakukan Riset!
Tips yang pertama adalah kamu wajib melakukan riset terlebih dahulu. Sebenarnya, tips ini enggak cuma ditujukan buat para solo traveler pemula, tapi juga orang-orang yang ingin bepergian ke daerah yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Yap, kamu wajib banget melakukan riset tentang negara atau daerah yang akan dikunjungi sebelum berangkat. Cari tahu berapa harga tiket menuju ke tempat tersebut dan semua tentang akomodasinya, berapa harga tiket wisata, hingga jam operasional transportasi umum di sana. Selain itu, kamu juga wajib mengetahui apakah negara yang bakal dikunjungi merupakan daerah yang ramah buat solo traveler atau enggak.

Enggak cuma itu, dengan melakukan riset, kamu juga wajib mempelajari kebijakan dan aturan hukum setempat. Cari tahu apa yang diperbolehkan atau enggak boleh di negara yang kamu kunjungi. Masing-masing negara punya kebijakan dari peraturan yang berbeda dan harus kamu patuhi.

2. Perhatikan Barang Bawaan
Sebagai solo traveler, suka atau enggak kamu memang wajib banget buat membawa semua barang bawaan kamu sendirian, terutama saat ingin ke tempat penginapan atau berpindah kota.

Nah, untuk mempermudah kamu, sebaiknya kamu memperhatikan barang apa saja yang hendak dibawa selama bepergian. Pisahkan barang-barang yang enggak terlalu perlu agar enggak bikin tas jadi lebih berat. Selain itu, kamu juga wajib banget mengetahui di daerah yang kamu tuju sedang berlangsung musim apa. Hal ini bertujuan agar kamu bisa menyesuaikan outfit dan barang bawaan selama bepergian.

3. Menginap di Hostel
Solo traveling adalah soal berpetualang sambil menghemat bujet pengeluaran. Itu artinya, salah satu hal yang perlu kamu perhatikan adalah memilih tempat penginapan. Untuk menghemat pengeluaran, kamu bisa menginap di hostel.

Selain bisa menghemat pengeluaran, dengan menginap di hostel juga biasanya kamu akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia yang melakukan solo traveling juga. Dengan begitu, tentu kamu bisa menambah teman atau bahkan pacar baru.

4. Rajin Update di Media Sosial
Tenang, hal ini bukan dilakukan atas dasar pamer, kok. Tapi lebih untuk faktor keselamatan kamu. Selama bepergian, kamu bisa update di media sosial pribadi kamu. Jika perlu, sertakan juga lokasi di mana kamu sedang berada.

Hal ini bertujuan sebagai langkah antisipasi jika kamu sedang bepergian seorang diri. Seenggaknya, jika terjadi sesuatu dan kamu enggak bisa dihubungi, orang-orang terdekat akan tahu ke mana mereka harus mulai mencari. Namun, jika kamu merasa hal tersebut terlalu berlebihan, kamu cukup mengabari orang-orang terdekat dengan aplikasi pesan singkat saja.

5. Jangan Memperlihatkan Barang Berharga
Satu hal yang wajib kamu ingat adalah kejahatan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, bahkan termasuk saat kamu sedang melakukan solo traveling. Jangan terlalu sering menampakkan barang-barang berharga seperti kamera, perhiasan, hingga smartphone. Keluarkan benda-benda tersebut hanya saat kamu benar-benar membutuhkannya untuk meminimalisir kejahatan yang mungkin terjadi.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan agar solo traveling kamu jadi lebih aman dan menyenangkan. Bagaimana, tertarik untuk melakukan solo traveling?







Berikan Komentar

Weekend Lainnya
Sensasi Seru Bermain di Wahana Universal Studios Singapura,  Populer
Sensasi Seru Bermain di Wahana Universal Studios Singapura, Populer
Kamis, 28 November 2019 09:00 WIB
APAKAH kamu senang berlibur ke luar negeri? Jika iya, cobalah untuk berkunjung ke Singapore. Di sana, ada sebuah wahana permainan
Tempat Wisata di Bandung yang Wajib untuk Dikunjungi
Tempat Wisata di Bandung yang Wajib untuk Dikunjungi
Rabu, 23 Oktober 2019 14:29 WIB
BANDUNG merupakan salah satu kota wisata terpopuler di Indonesia. Tempat wisata di Bandung tidak hanya banyak jumlahnya, tapi juga
Tempat Wisata Di Bandung yang Hits Saat Ini
Tempat Wisata Di Bandung yang Hits Saat Ini
Jum'at, 11 Oktober 2019 12:24 WIB
ADA banyak tempat wisata di Bandung yang bisa Anda kunjungi, namun terdapat beberapa tempat wisata yang cocok dikunjungi oleh anak muda
Tempat Wisata Malang Yang Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata Malang Yang Wajib Dikunjungi
Kamis, 29 Agustus 2019 11:41 WIB
MALANG adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kota Malang merupakan kota yang sangat ramah terhadap