​Suku Loem Bisa Jadi Potensi Wisata


​Suku Loem Bisa Jadi Potensi Wisata

  • Tampilkan Rumah Adat Suku Lom di Depan Bupati 

SUNGAILIAT - Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu menampilkan Suku Adat Lom dalam karnaval di Kabupaten Bangka, Senin (21/8) kemarin. Diketahui, Desa Gunung Muda merupakan satu dari lima desa di Kabupaten Bangka sebagai tempat pelaksanaan KKN Bersama se-Indonesia Wilayah Barat. Desa ini menyimpan keunggulan yaitu adanya suku adat “Lom” yang mendiami salah satu dusun dari desa tersebut. Suku adat ini disebut-sebut kaya akan kerarifan lokal yang dimiliki namun tetap bertahan dalam modernisasi zaman.

Kepala Desa Gunung Muda, Syamsul Imran, mengatakan bahwa adat istiadat yang dimiliki oleh Suku Lom masih begitu asli sehingga punya potensi besar untuk dikembangkan sebagai potensi wisata. “Masyarakat dan pemerintah harus dapat melihat potensi tersebut,” imbuh Syamsul, Senin (21/8) kemarin.

Mobil pawai Desa Gunung Muda diisi dengan prototype dari rumah adat yang menyimpan nilai kearifan lokal tersendiri. Dinding, atap, lantai, tangga, dan semua komponen dari rumah disusun dengan hitungan khusus yang diwariskan secara turun-temurun dan filosofi yang menjaga alam.

Syirazi Neyasyah, Wakil Koordinator Mahasiswa Desa Gunung Muda, mengaku bangga dapat menunjukkan Suku Lom pada masyarakat luas. “Alhamdulillah, kami bersyukur dan bangga sudah bisa membawa Suku Lom unjuk gigi dan menghantarkannya sampai ke depan Bapak Bupati. Suku Lom juga pasti bagian dari Indonesia dan bersuka ria atas peringatan kemerdekaan bangsa ini,” ujar mahasiswa asal Univeristas Bengkulu ini.

KKN Bersama merupakan program kuliah kerja nyata yang dilaksanakan oleh Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (BKS-PTN) Wilayah Barat Indonesia bekerja sama dengan Kemenristekdikti dan Pemerintah Kabupaten Bangka. Univeristas Bangka Belitung pada kesempatan ini berkesempatan menjadi tuan rumah program. KKN ini diikuti oleh 148 mahasiswa dari 23 perguruan tinggi negeri di Indonesia Wilayah Barat yang tersebar di 5 desa di Kabupaten Bangka. Kegiatan ini didukung oleh PT. Timah, BKKBN, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bank Sumselbabel, dan Bank BRI.(rel) 







Berikan Komentar

Weekend Lainnya
Sensasi Seru Bermain di Wahana Universal Studios Singapura,  Populer
Sensasi Seru Bermain di Wahana Universal Studios Singapura, Populer
Kamis, 28 November 2019 09:00 WIB
APAKAH kamu senang berlibur ke luar negeri? Jika iya, cobalah untuk berkunjung ke Singapore. Di sana, ada sebuah wahana permainan
Tempat Wisata di Bandung yang Wajib untuk Dikunjungi
Tempat Wisata di Bandung yang Wajib untuk Dikunjungi
Rabu, 23 Oktober 2019 14:29 WIB
BANDUNG merupakan salah satu kota wisata terpopuler di Indonesia. Tempat wisata di Bandung tidak hanya banyak jumlahnya, tapi juga
Tempat Wisata Di Bandung yang Hits Saat Ini
Tempat Wisata Di Bandung yang Hits Saat Ini
Jum'at, 11 Oktober 2019 12:24 WIB
ADA banyak tempat wisata di Bandung yang bisa Anda kunjungi, namun terdapat beberapa tempat wisata yang cocok dikunjungi oleh anak muda
Tempat Wisata Malang Yang Wajib Dikunjungi
Tempat Wisata Malang Yang Wajib Dikunjungi
Kamis, 29 Agustus 2019 11:41 WIB
MALANG adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kota Malang merupakan kota yang sangat ramah terhadap