Pemkab Bateng Gandeng Indomaret Gelar Pelatihan Kewirausahaan Mandiri


Pemkab Bateng Gandeng Indomaret Gelar Pelatihan Kewirausahaan Mandiri

KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop-UMKM) Bateng bekerja sama dengan perusahaan retail nasional PT. Indomarco Prismatama (Indomaret), menggelar Pelatihan Kewirausahaan Mandiri bagi UMKM di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Bateng, Rabu (22/09/2021).

Bupati Bateng, Algafry Rahman dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu pilar pendorong perekonomian secara nasional dan regional. Hal ini disebutnya dapat dilihat dari kontribusi UMKM terhadap PDRB Nasional yakni sebesar 61,10% pada tahun 2020.

“Berdasarkan total UMKM saat ini sebanyak 22.000 terdiri dari 17 sektor usaha. Berbagai kebijakan dilakukan untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM antara lain dengan fasilitasi alih teknologi, penguatan lembaga dan menejerial UMKM melalui penyuluhan, baik dengan biaya APBD maupun kementerian,” ungkap Algafry.

Dikatakan Algafry, kerja sama dengan Indomaret ini juga menjadi salah satu cara menjalin kemintraan dengan prinsip saling menguatkan. Harapannya bisa memberikan kontribusi positif bagi Bangka Tengah termasuk penyerapan tenaga kerja.

“Harapan kami selaku pemerintah daerah, kedepan Indomaret selain menyediakan sarana penjualan atas produk-produk lokal, juga membantu dalam pendampingan usaha kepada para pelaku UMKM ini dengan menggunakan kaidah retail modern. Dengan demikian produk UMKM kita dapat menyesuaikan diri dengan permintaan pasar dan memiliki daya saing,” katanya.

Sementara itu Deputi Branch Indomaret, Firman Mulyana sebagai Perwakilan PT. Indomarco Prismatama Cabang Palembang mengatakan tujuan digelarnya pelatihan kewirausahaan dengan 75 pelaku usaha se-Kabupaten Bateng.

“Kami menggelar seminar ini sebagai wujud kepedulian bersama terhadap dunia UMKM di Kabupaten Bangka Tengah. Harapannya dapat membantu pelaku UMKM semakin kreatif dan inovatif. Selain itu, dengan kegiatan ini juga memberi kesempatan UMKM menembus pasar modern,” jelas Firman.

Firman juga mengatakan bahwa pihaknya hari ini akan membawa produk-produk serta kelengkapan perizinan usaha yang dimiliki UMKM yang hadir. Selanjutnya produk dan kelengkapan administrasi tersebut akan diseleksi untuk bisa didaftarkan dan dipasarkan di Indomaret. Untuk memotivasi peserta, pihak Indomaret juga menyediakan doorprize yang diundi, mulai dari blender hingga bantuan gerobak UMKM.

Turut hadir narasumber dalam kegiatan tersebut antara lain, Noviyanto, Merchandize Indomaret Cabang Palembang dan Hj. Kartina, S.H., M.H., dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu dan Tenaga Kerja (DPMPTK) Bangka Tengah. 

Selain itu juga dihadirkan narasumber dari KLIK Kemasan, Dinas Kesehatan, dan pihak perbankan.

Turut hadir dalam pembukaan seminar ini Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Drs. Sugianto, Plt. Kepala Disperindagkop-UMKM, Elly Irsyah, serta Azwar Kepala Bidang Koperasi dan UKM. Hadir pula Joko Pristyo selaku Development Manager dan Dharma Brata selaku License Manager dari Indomaret.(adv)







Berikan Komentar

Radar Ceremony Lainnya
Bupati Bangka Tengah Silaturahmi ke Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren Al-Barokah
Bupati Bangka Tengah Silaturahmi ke Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren Al-Barokah
Rabu, 22 September 2021 15:58 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah Silaturahmi ke Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren Al-Barokah Pangkalanbaru - Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman,
Algafry Rahman dan Mulkan Jalin Sinergitas Melalui Ajang Olahraga Sepak Bola, Skor 3-2
Algafry Rahman dan Mulkan Jalin Sinergitas Melalui Ajang Olahraga Sepak Bola, Skor 3-2
Sabtu, 18 September 2021 20:13 WIB
KOBA - Bupati Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Algafry Rahman dan Bupati Kabupaten Bangka Mulkan memasyarakatkan olahraga melalui sepak bola. Kedua
Wabup Erfian Tinjau Vaksinasi Di Kelurahan Dul, Ajak Masyarakat Sukseskan Program Vaksinasi
Wabup Erfian Tinjau Vaksinasi Di Kelurahan Dul, Ajak Masyarakat Sukseskan Program Vaksinasi
Sabtu, 18 September 2021 19:51 WIB
KOBA - Wakil Bupati Bangka Tengah (Bateng) Herry Erfian meninjau langsung kegiatan vaksinasi tahap pertama bagi lapisan masyarakat di lingkungan
Bupati Bateng bersama Wabup Tebar Perdana 70 Ribu Benih Udang Vaname di Kurau Barat
Bupati Bateng bersama Wabup Tebar Perdana 70 Ribu Benih Udang Vaname di Kurau Barat
Rabu, 18 Agustus 2021 17:14 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., bersama Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, S.T., tebar perdana benur udang