Bupati Bateng bersama Wabup Tebar Perdana 70 Ribu Benih Udang Vaname di Kurau Barat


Bupati Bateng bersama Wabup Tebar Perdana 70 Ribu Benih Udang Vaname di Kurau Barat

KOBA - Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., bersama Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, S.T., tebar perdana benur udang Vaname Kegiatan Pengembangan Tambak Rakyat (Budidaya Udang Vaname Skala Rakyat) di Desa Kurau Barat, Kecamatan Koba, Rabu (18/08/2021).
Algafry Rahman, S.T., ketika ditemui seusai acara mengatakan tambak rakyat udang Vaname akan menjadi sentra nomor satu di Bangka Tengah.

“Alhamdulillah hari ini telah dilakukan penebaran perdana benur udang Vaname yang bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan  tambak rakyat. Ini adalah salah satu contoh pengembangan tambak rakyat yang ada di Bangka Tengah dan tambak udang vaname ini akan menjadi potensi besar dan menjadi sentra di Bangka Tengah,” kata Algafry.

Dilanjutkan oleh Algafry, potensi air laut yang sangat mendukung dan dikelilingi oleh pesisir semoga menjadikan budidaya vaname ini nomor satu di Bangka Tengah.

“InsyaAllah di bulan Maret tahun 2022 akan dibangun hattrick (pusat pembenihan udang) di Kecamatan Lubuk Besar. Sehingga para penambak udang di Bangka Belitung ini tidak usah jauh-jauh lagi mencari benur udang Vaname karena di Bangka Tengah sudah disiapkan,” lanjut Algafry.

Algafry juga berharap agar pengusaha-pengusaha yang berencana membudidayakan udang Vaname menjadikan tambak rakyat sebagai mitra usahanya.
“Dengan demikian nantinya kerja sama ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat khususnya di Bangka Tengah,” harapnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka Tengah, Taufik, S.P., MM., bahwa penebaran perdana benur udang Vaname ini sebanyak 70.000 benih dan ditebarkan di 2 kolam budidaya yang masing-masing berisi 35.000 ekor per kolam berukuran diameter 15 meter. Budidaya ini selanjutnya akan dikelola oleh Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) Gempa 01 yang ada di Desa Kurau Barat dan diharapkan dalam waktu dekat akan segera panen.

“Karena udang vaname ini cukup menjanjikan dengan harga jual yang mahal maka diharapkan masyarakat bisa ikut membudidayakan udang Vaname ini dengan mencontohnya dari sini dan teknologinya akan diinformasikan kepada masyarakat,” lanjut Taufik.

Anggota DPR RI Bambang Pati Jaya yang turut hadir di kegiatan ini mengungkapkan terima kasih dan apresiasinya atas diselenggarakannya tambak skala rakyat ini seraya berharap hal ini bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi produk unggulan bagi Bangka Tengah.

“Saya memberikan aspresiasi yang luar biasa kepada Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah khususnya Dinas Perikanan karena ini merupakan langkah yang sangat maju dari Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Dengan langkah ini, Pemkab Bangka Tengah sudah memberdayakan masyarakat dengan teknologi yang sudah dimodifikasi sehingga mendapat manfaat langsung untuk masyarakat dalam budidaya udang vaname,” jelas Bambang.

Terkait Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah yang akan menjadikan Bangka Tengah sebagai sentra udang Vaname dan rencana pembangunan Hattrick (pusat pembenihan udang) di Kecamatan Lubuk Besar, disebut Bambang sebagai langkah terdepan dan visioner dari Bupati Bangka Tengah, karena menjadi satu-satunya dan pertama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Harapannya ke depan akan terus berkembang bagi masyarakat dan perusahan-perusahaan, sehingga akhirnya akan menjadi produk unggulan dan produk ekspor bagi Bangka Tengah,” harap Bambang.

Acara ini dihadiri pula oleh Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pangkalpinang, Kepala DPMPTK Kabupaten Bangka Tengah, Kepala Dinbudparpora Kabupaten Bangka Tengah, Camat Koba, PJ Kades Kurau Barat, perwakilan PT. Suri Tani Pemuka Depo Bangka selaku pendamping teknis budidaya udang vaname, Ketua Pokdakan Gempa 01 beserta anggota, para Penyuluh Perikanan Kecamatan Koba dan tamu undangan lainnya.(adv)







Berikan Komentar

Radar Ceremony Lainnya
Bupati Bangka Tengah Silaturahmi ke Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren Al-Barokah
Bupati Bangka Tengah Silaturahmi ke Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren Al-Barokah
Rabu, 22 September 2021 15:58 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah Silaturahmi ke Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren Al-Barokah Pangkalanbaru - Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman,
Pemkab Bateng Gandeng Indomaret Gelar Pelatihan Kewirausahaan Mandiri
Pemkab Bateng Gandeng Indomaret Gelar Pelatihan Kewirausahaan Mandiri
Rabu, 22 September 2021 12:18 WIB
KOBA - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop-UMKM) Bateng bekerja sama dengan perusahaan
Algafry Rahman dan Mulkan Jalin Sinergitas Melalui Ajang Olahraga Sepak Bola, Skor 3-2
Algafry Rahman dan Mulkan Jalin Sinergitas Melalui Ajang Olahraga Sepak Bola, Skor 3-2
Sabtu, 18 September 2021 20:13 WIB
KOBA - Bupati Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Algafry Rahman dan Bupati Kabupaten Bangka Mulkan memasyarakatkan olahraga melalui sepak bola. Kedua
Wabup Erfian Tinjau Vaksinasi Di Kelurahan Dul, Ajak Masyarakat Sukseskan Program Vaksinasi
Wabup Erfian Tinjau Vaksinasi Di Kelurahan Dul, Ajak Masyarakat Sukseskan Program Vaksinasi
Sabtu, 18 September 2021 19:51 WIB
KOBA - Wakil Bupati Bangka Tengah (Bateng) Herry Erfian meninjau langsung kegiatan vaksinasi tahap pertama bagi lapisan masyarakat di lingkungan