Herry Erfian Harapkan CPNS Bateng Miliki Etika Budaya Kerja dan Integritas Tinggi


Herry Erfian Harapkan CPNS Bateng Miliki Etika Budaya Kerja dan Integritas Tinggi

KOBA - Wakil Bupati Bangka Tengah Herry Erfian, S.T., menjadi narasumber pada pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Bangka Tengah yang dilaksanakan secara daring oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) di Gedung Diklat BKPSDMD, Kamis (19/08/2021) didampingi oleh Kepala BKPSDMD, Drs. H. Wahyu Nurrahkman, M.Si.

Kesempatan ini dijadikan Herry Erfian untuk menjelaskan materi mengenai etika publik yakni refleksi tentang standar atau norma yang menentukan baik atau buruk, benar atau salah perilaku, tindakan dan keputusan untuk mengarahkan kebijakan publik dalam rangka menjalankan tanggung jawab pelayanan publik.

“Suatu norma moral yang mempengaruhi perilaku, sikap, tingkah laku menentukan mana yang baik, mana yang buruk mana yang benar, mana yang salah yang harus kita lakukan. Hal inilah yang harus kita pahami dulu, yang lebih dikenal dengan etika publik. Dengan etika inilah, sebagai ASN akan mempunyai beban dan acuan bagaimana kita harus bertindak dan berperilaku sebagai seorang ASN,” jelas Herry Erfian.

Ia menekankan bahwa acuan dan pedoman selama ASN melakukan kegiatannya yaitu Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS, Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS serta Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2014 tentang Pembinaan Korps dan Kode Etik PNS.

“Kita harus mengetahui kewajiban sebagai seorang ASN. Kewajiban ini tentunya harus dijalankan dengan baik serta dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyakarat di Kabupaten Bangka Tengah,” pesannya seraya menjelaskan apa yang menjadi etika publik untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat di Kabupaten Bangka Tengah.

Menurutnya, dasar yang menjadi etika publik yaitu Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN pasal 4 yang menyatakan memegang teguh ideologi Pancasila. Berdasarkan pengalamannya menjadi anggota DPD RI, mereka diwajibkan untuk melakukan sosialisasi terhadap apa yang dinamakan Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara, salah satunya adalah Pancasila.

Herry Erfian menegaskan integritas memegang peran penting bagi generasi muda untuk mewujudkan moral bangsa dan menciptakan Aparatur Sipil Negara yang anti Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Salah satu upaya pencegahan KKN yakni menanamkan nilai-nilai integritas pada generasi muda khususnya para ASN yang ada di Kabupaten Bangka Tengah.

“Sejak dini integritas harus dikenalkan, baik dari keluarga, masyarakat, lingkungan sekolah maupun di tempat kita bekerja,” jelas Herry Erfian.

Mengakhiri pemaparannya, Herry Erfian berharap agar kegiatan yang dilaksanakan ini bisa memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Bangka Tengah.

“Camkan lagi bahwa kita harus memiliki etika juga integritas dalam melaksanakan tugas sehari-hari sebagai ASN. Berilah yang terbaik untuk Kabupaten Bangka Tengah beriringan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Tengah yaitu meningkatkan pelayanan publik dan pengelolaan pemerintahan yang semakin unggul,” harap Herry serta senantiasa mengingatkan agar sikap, etika dan integritas dalam melaksanakan tugas harus dimiliki untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Bangka Tengah khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.(adv)







Berikan Komentar

Radar Ceremony Lainnya
Bupati Bateng bersama Wabup Tebar Perdana 70 Ribu Benih Udang Vaname di Kurau Barat
Bupati Bateng bersama Wabup Tebar Perdana 70 Ribu Benih Udang Vaname di Kurau Barat
Rabu, 18 Agustus 2021 17:14 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., bersama Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian, S.T., tebar perdana benur udang
Algafry Bersama Erfian Panen Semangka Di Desa Puput
Algafry Bersama Erfian Panen Semangka Di Desa Puput
Kamis, 19 Agustus 2021 10:17 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., bersama dengan Wakilnya, Herry Erfian, S.T., panen semangka bersama yang merupakan hasil
Bupati Bateng Peringati 10 Muharram, Santuni Anak Yatim Desa Nibung
Bupati Bateng Peringati 10 Muharram, Santuni Anak Yatim Desa Nibung
Jum'at, 20 Agustus 2021 08:47 WIB
KOBA - Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, hadiri peringatan 10 Muharram 1423 H sekaligus pemberian santunan untuk anak yatim yang
Buka Kegiatan Sekuntum Melati Angkatan II, Algafry: Menciptakan Perempuan Hebat dan Inovatif dalam Keluarga
Buka Kegiatan Sekuntum Melati Angkatan II, Algafry: Menciptakan Perempuan Hebat dan Inovatif dalam Keluarga
Selasa, 13 Juli 2021 08:03 WIB
PANGKALAN BARU - Algafry Rahman, didampingi Ketua TP-PKK Bangka Tengah (Bateng) drg. Eva Algafry menghadiri Pembukaan Sekolah untuk Perempuan Jadi