Hari Anak Sedunia, Justiar “Jadilah Anak-Anak Berbudaya & Berkarakter”


Hari Anak Sedunia, Justiar “Jadilah Anak-Anak Berbudaya & Berkarakter”

TOBOALI - Tanggal 20 November menjadi hari yang bersejarah bagi anak-anak di seluruh dunia. Pada 20 November 1959, Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) membuat Deklarasi Hak-Hak Anak. Kemudian pada tanggal 20 November 1989, Majelis Umum PBB mendeklarasikan Konvensi Hak-Hak Anak.

"Indonesia adalah salah satu Negara pertama yang menandatangani konvensi hak anak pada 26 Januari 1990, dalam deklarasi hak anak seluruh negara memegang amanah bahwa setiap anak harus mendapatkan perlindungan dari segala bentuk kekerasan baik pelecehan, eksplotasi dan diskriminasi,” kata Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer dalam acara peringatan Hari Anak Sedunia di Balai Daerah Kabupaten Basel, Senin (30/11/2020).



Menurut Justiar, dimasa pamdemi covid-19 ini menjadi tantangan yang dihadapi seluruh negara dalam melindungi dan memenuhi hak - hak anak yang berakibatkan dapat merubah kehidupan sehati-hari anak-anak. Seperti ancaman stres, pendidikan yang kurang efektif, bahkan isu kekerasan pada anak.

“Sehingga berbagai kebijakan dan himbauan ditetapkan agar dapat mencegah anak-anak terpapar pandemi covid-19. Dengan demikian pembangunan inklusif yang mendgedepankan hak-hak anak harus tetap menjadi priotitas utama,”ujar Justiar.



Justiar berharap anal-anak dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan benar, hormatilah orang tua dan guru, cintai keluarga, teman, tanah air, Bangsa dan Negara, tunaikanlah ibadah, taati etika fan jasilah insan berakhlak mulia. 

“Bangun solidaritas, kesetiakawanan dan tolerasi serta semangat untuk maju, berprestasi dan berbagi, jadilah anak-anak yang berbudaya dan berkarakter karena itu semua adalah cermis bagi generasi penerus,”pesanya.



Disatu sisi, Justiar juga berharap kepada semua pihak agar dapat bekerjasama dan berkomitmen dalam upaya peningkatan dan perlindungan bagi anak-anak Indonesia, anak-anak Provinsi Kepulauan Babel khususnya anak-anak Bangka Selatan.

Menurutnya jiwa yang cerdas, muda dan enegrgetik dengan mudah dapat membuat senyum diwajah kita satu hari yang didedikasikan untuk memanjakan mereka lagi. Waktu adalah aset terbaik yang dohabiskan untuk anak-anak.

“Mereka hanya meminta dari kita adalah waktu kita dan apa yang kita dan apa yang kita dapatkan adalah kegembiraan yang besar dan cinta tanpa syarat setiap anak harus mendapatlam hak pendidikan, hak kesehatan, hak hidup, hak tumbuh dan berkembang, hak mengeluarkan pendapat dan didengar lalu dipertimbangkan dan hak memiliki identitas,” tandasnya.(ADV/afa)







Berikan Komentar

Radar Ceremony Lainnya
Bupati Justiar Buka Sidang Panitia Pertimbangan Landreform
Bupati Justiar Buka Sidang Panitia Pertimbangan Landreform
Senin, 09 November 2020 10:29 WIB
TOBOALI – Bupati Bangka Selatan (Basel), Justiar Noer membuka secara resmi Sidang Panitia Pertimbangan Landreform Kabupaten Bangka Selatan (Basel)
Pemkab Basel Beri Beasiswa Pendidikan Penghafal Al-Quran
Pemkab Basel Beri Beasiswa Pendidikan Penghafal Al-Quran
Kamis, 05 November 2020 20:45 WIB
TOBOALI - Pemkab Bangka Selatan (Basel) berikan beasiswa untuk lima calon mahasiswa Hafiz Al-Quran. Melalui Dinas Pendidikan Basel, kelima mahasiswa
Bupati Basel Terima Penghargaan LKPD dari Pemerintah RI
Bupati Basel Terima Penghargaan LKPD dari Pemerintah RI
Rabu, 14 Oktober 2020 20:13 WIB
PANGKALPINANG - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menerima piagam penghargaan dari Pemerintah Republik (RI) Indonesia atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
Silahturahmi Dengan Da’i, Justiar Noer Ajak Umat Bersinergi Bangun Junjung Besaoh
Silahturahmi Dengan Da’i, Justiar Noer Ajak Umat Bersinergi Bangun Junjung Besaoh
Rabu, 07 Oktober 2020 19:18 WIB
TOBOALI – Bupati Bangka Selatan (Basel) Justiar Noer menghadiri acara silaturahmi Da’i se Kabupaten Basel bertempat di Balai Daerah Kabupaten