​Event Gowes Pesona Nusantara Selaras Dengan Visi Bateng


​Event Gowes Pesona Nusantara Selaras Dengan Visi Bateng

#Adu Kerito Surong dan Kerito Aik Turut Semarakan GPN

KOBA - Bupati Bangka Tengah (Bateng), Ir H Ibnu Saleh MM menegaskan, salah satu program unggulan Kemenpora RI Gowes Pesona Nusantara (GPN) selaras dengan visi Negeri Selawang Segantang untuk terus membangun daerah. 

"Event gowes pesona nusantara ini bagus, kita bangga program unggulan Kemenpora RI ini dapat berlangsung sukses dan semarak di Kabupaten Bateng," kata Ibnu Saleh, Sabtu (29/7) usai penyerahan secara simbolis air dan tanah kepada perwakilan Kemenpora.

Ia mengatakan, spirit yang digelorakan dalam event ini mengajak kita semua agar terus semangat untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga dan menjunjung tinggi sportifitas. "Dengan olahraga, merujuk pula kepada sumber daya manusia nya agar menjadi insan yang sehat dan prima," cetusnya.

Sementara, Staf Ahli Bidang Kerjasama Kelembagaan Kemenpora RI, Dra Adiati Noerdin MA mengatakan hendaknya menjadikan olahraga sebagai gaya hidup bangsa Indonesia.

Mewakili Menpora, Ia menambahkan banyak nilai positif dengan berolahraga, salah satunya pembentukan karakter, kerjasama sehingga dapar membangun suatu perekat bangsa indonesia.

"Salam dari Pak Menteri, beliau mengapresiasi kegiatan ini. Nanti air dan tanah dari Pulau Bangka Belitung yang diserahkan secara simbolis ini akan dibawa ke Magelang, mudah-mudahan pemuda disana juga dapat menjadi pemuda yang tangguh dan hebat," ujarnya. 

Dalam event GPN tersebut yang diselenggarakan oleh Pemda Bateng dan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kabupaten Bateng tersebut, turut disemarakan juga dengan olahraga rakyat Babel yang mulai tergerus kemajuan zaman dan teknologi yakni Kerito Surong dan Kerito Aik yang telah diakui oleh Kemenpora. Di Kabupaten Bateng, kedua jenis olahraga tradisional tersebut masih berkembang dia antaranya di desa Sungaiselan, Simpangkatis, Namang dan desa Dul. Kerito Surong, bukan hanya sekedar olahraga rekreatif semata, melainkan juga olahraga keterampilan, keseimbangan, ketangkasan, kekuatan raga juga kebersamaan. 

"Alhamdulillah, olahraga tradisional adu Kerito Aik dan Kerito Surong ini masih terjaga di Pulau Bangka terkhusus di Kabupaten Bateng ini, sebagai kearifan lokal yang patut dijaga kelestariannya sebagai warisan budaya," tandas H Ibnu Saleh seusai menjajal kebolehannya menunggangi Kerito Surong bersama Dra Adiati Noerdin MA, Kapolres Bateng AKBP Frenky Yusandhy dan peserta lainnya. (and/dev)







Berikan Komentar

Radar Ceremony Lainnya
​Parhan Ali : Penyuluhan Hukum Dana Desa Penting Demi Pembangunan Babar
​Parhan Ali : Penyuluhan Hukum Dana Desa Penting Demi Pembangunan Babar
Jum'at, 25 Agustus 2017 13:28 WIB
MUNTOK - Bupati Bangka Barat (Babar) H Parhan Ali, menyambut baik sekaligus mengapreasi kegiatan penyuluhan hukum tentang penggunaan dana desa
H Justiar Noer: Teruslah Berkreativitas Dalam Mengisi Kemerdekaan
H Justiar Noer: Teruslah Berkreativitas Dalam Mengisi Kemerdekaan
Jum'at, 25 Agustus 2017 13:09 WIB
TOBOALI - Masyarakat "Negeri Junjung Besaoh" Kabupaten Bangka Selatan (Basel), sangat antusias kembali tumpah ruah memadati sepanjang jalan protokol
​Wagub Launching GERMAS dan GEMMAS di Desa Mancung
​Wagub Launching GERMAS dan GEMMAS di Desa Mancung
Rabu, 23 Agustus 2017 14:28 WIB
KELAPA - Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung H Abdul Fattah melaunching program GERMAS dan GEMMAS
​Endang "Ibu Kite" Semarakan HUT RI ke-72
​Endang "Ibu Kite" Semarakan HUT RI ke-72
Selasa, 22 Agustus 2017 15:10 WIB
PANGKALPINANG - Melalui momentum HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Ir Endang Kusumawaty "Ibu Kite" Sang Srikandi muda