Harga Ikan di Kepulauan Babel Alami Kenaikan


Harga Ikan di Kepulauan Babel Alami Kenaikan

PANGKALPINANG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat harga ikan segar di sejumlah pasar tradisional mengalami kenaikan, karena hasil tangkapan ikan nelayan berkurang pasca-Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah.

"Saat ini sebagian besar nelayan belum melaut dan mereka masih merayakan Idul Fitri bersama keluarganya, sehingga mempengaruhi stok ikan di pasar," kata  Kabid Perdagagan Disperindag Provinsi Kepulauan Babel, Armaini di Pangkalpinang, Minggu (31/5).

Ia mengatakan, hasil pemantauan harga ikan di sejumlah pasar tradisional, harga ikan Gembung naik menjadi Rp35.000 dari Rp25.000 per kilogram, Tenggiri naik menjadi Rp70.000 dari Rp60.000 per kilogram, dan ikan Ciu naik menjadi Rp25.000 dari Rp20.000 per kilogram.

Demikian juga ikan asin teri naik menjadi Rp65.000 dari harga sebelumnya Rp50.000 per kilogram.

"Meski harga ikan segar dan asin ini mulai mengalami kenaikan, namun tidak mempengaruhi permintaan masyarakat yaang masih relatif normal, karena ikan merupakan menu masakan utama bagi masyarakat daerah ini," ujarnya.

Menurut dia, kenaikan harga ikan ini masih di ambang kewajaran dibandingkan harga di saat kondisi cuaca di perairan memburuk bisa naik 100 persen, sehingga memberatkan ekonomi masyarakat kurang mampu.

"Diperkirakan dalam minggu ini, harga ikan akan kembali normal, karena nelayan kembali beraktivitas mencari ikan di laut," katanya.

Ia berharap nelayan tradisional kembali melaut, sehingga pasokan ikan  kembali banyak dan harga normal sehingga dapat membantu ekonomi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.(antara/rb)





Banner


Berikan Komentar

Probis Lainnya
Perbankan dan Dunia Usaha Berbagi Optimisme Hadapi Dampak Pandemi Corona
Perbankan dan Dunia Usaha Berbagi Optimisme Hadapi Dampak Pandemi Corona
Senin, 22 Juni 2020 13:31 WIB
JAKARTA - Banyak pengusaha dari berbagai sektor industri kesulitan memenuhi kewajiban cicilan kredit lantaran bisnisnya sedang sepi terdampak pandemi corona.
Bos Grab Terpaksa PHK 360 Karyawan
Bos Grab Terpaksa PHK 360 Karyawan
Minggu, 21 Juni 2020 15:57 WIB
JAKARTA - CEO dan Co-Founder Grab Anthony Tan memutuskan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap 360 karyawan perusahaannya.
Rupiah Pelan-Pelan Kembali Rebut Titel Juara Asia
Rupiah Pelan-Pelan Kembali Rebut Titel Juara Asia
Kamis, 18 Juni 2020 12:15 WIB
JAKARTA - Pergerakan nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi, terus ke zona hijau dan
Rupiah Mendapat Tekanan, 1 Dolar AS Jadi Rp 14.020
Rupiah Mendapat Tekanan, 1 Dolar AS Jadi Rp 14.020
Kamis, 11 Juni 2020 18:42 WIB
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada penutupan Kamis (11/6) sore mendapat tekanan, sehingga levelnya melampaui batas psikologis.