Budidaya Madu Kelulut, Solusi "Pengangguran" Berpenghasilan Tetap


Budidaya Madu Kelulut, Solusi "Pengangguran" Berpenghasilan Tetap

LUBUKBESAR - Hartono yang akrab disapa Bung Ar, inisiator pembudidaya madu kelulut di Desa Lubuklingkuk, Kecamatan Lubukbesar Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terus mengajak masyarakat untuk membudidayakan madu kelulut (Trigona Itama). Dari upayanya mengajak masyarakat sekitar, saat ini sudah ada 50 masyarakat membudidayakan madu kelulut tergabung dalam kelompok tani (Poktan) Karomah.

"Budidaya madu kelulut ini, ibaratkan pengangguran berpenghasilan tetap perbulan. Saat ini, saya sendiri memiliki 50 sarang madu kelulut perawatan dan panennya mudah, namun hasilnya menggiurkan," ujar Bung Ar kepada awak media di lokasi budidaya madu kelulut miliknya di Desa Lubuklingkuk, Kamis (28/11) siang.

Menurutnya, saat ini ada 50 petani madu kelulut di Desa Lubuklingkuk dan sekitarnya yang tergabung dalam Poktan Karomah yang totalnya memiliki 2500 sarang. 

"Saya mempunyai cita-cita bagaimana mewujudkan Kecamatan Lubukbesar ini menjadi sentra madu kelulut, karena peluang dan prospek bisnis budidaya madu kelulut ini sangat bagus. Tinggal, mau tidaknya masyarakat kita memanfaatkan peluang bisnis ini," ungkapnya.

Saat ini, pengepul menerima madu kelulut Rp120ribu perliter, sementara dari 50 sarang madu kelulut bisa menghasilkan rata-rata 60kg madu perbulannya. "Artinya, ada penghasilan tambahan Rp.7,2juta perbulan kontinyu tanpa harus bersusah payah banting tulang," ungkapnya.

Untuk pemasaran madu kelulut sendiri, menurut Bung Ar, juga potensial, selain permintaan masyarakat lokal sendiri tinggi, belum lagi permintaan dari luar pulau Bangka hingga manca negara.

"Perbotol kemasan dengan netto 250 gram dihargai Rp.100ribu, untuk permintaan dari sebuah perusahaan di Bandung minimal 300kg perbulan. Namun, baru-baru ini ada permintaan calon pembeli dari Jepang dan Cina masing-masing meminta minimal 1 sampai 3 ton perbulan secara kontinyu, nah ini masih belum mampu kita penuhi. Artinya, peluang pangsa pasarnya masih terbuka lebar," ungkapnya.

Dari budidaya madu kelulut ini, setidaknya ada tiga jenis bahan yang bernilai mulai dari madu itu sendiri, bee polen dan propolis. Untuk hama dari budidaya madu kelulut ini, diantaranya burung walet, madu pejantan, madu kelulut kecil jenis lapiset, hingga semut api.

"Untuk peningkatan produksi, kami tengah membudidayakan sumber nektar makanan madu trigona itama ini yakni tanaman berbunga tanpa musim seperti 
karsen, bunga air mata pengantin, bunga pengantin menangis, bunga santos dan lainnya disekitar sarang budidaya madu kelulut. Hingga, mengajak masyarakat mulai melirik sektor budidaya madu kelulut ini," ungkapnya.


Bung Ar juga sangat bersyukur, jika madu kelulut petani dari Poktan Karomah Desa Lubuklingkuk ini sudah memiliki PIRT dengan Nomor 2.09.1904.01.0255.22.

"Alhamdulillah bilamana kita menjaga kelestarian lingkungan dan alam, maka alam pun akan memberikan manfaatnya bagi umat manusia. Karena Allah tidak menciptakan segala sesuatu dengan sia-sia, seperti diantaranya berkah dari madu jenis kelulut yang baik bagi kesehatan sebagaimana termaktub dalam Al-Qur'an," pungkasnya. (and)
 





Banner


Berikan Komentar

Probis Lainnya
Harga Ikan di Kepulauan Babel Alami Kenaikan
Harga Ikan di Kepulauan Babel Alami Kenaikan
Senin, 01 Juni 2020 11:49 WIB
PANGKALPINANG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat harga ikan segar di sejumlah pasar tradisional mengalami kenaikan,
Citilink Indonesia Bersiap Untuk Mengangkut Penumpang Lagi Mulai 1 Juni
Citilink Indonesia Bersiap Untuk Mengangkut Penumpang Lagi Mulai 1 Juni
Jum'at, 29 Mei 2020 14:38 WIB
JAKARTA - Maskapai berbiaya murah Citilink Indonesia bersiap untuk mengangkut penumpang lagi mulai 1 Juni 2020 seiring dengan rencana penerapan
Optimistis New Normal Bakal Perbaiki Emiten Sektor Ritel dan Mal
Optimistis New Normal Bakal Perbaiki Emiten Sektor Ritel dan Mal
Kamis, 28 Mei 2020 16:11 WIB
JAKARTA - Pemerintah telah menyiapkan skenario kehidupan new normal di tengah pandemi COVID-19.
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Hari Ini
Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Hari Ini
Selasa, 26 Mei 2020 07:52 WIB
JAKARTA -- Pendaftaran program kartu prakerja gelombang 4 dijadwalkan buka mulai hari ini atau tepat setelah perayaan lebaran, Selasa (26/5).