Musim Durian Jadi Berkah Masyarakat Desa Belimbing


Musim Durian Jadi Berkah Masyarakat Desa Belimbing

LUBUKBESAR - Musim durian telah tiba, Desa Belimbing Kecamatan Lubukbesar Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) adalah salah satu desa penghasil durian unggulan di Kecamatan Lubukbesar ini. Dengan tibanya musim raja buah tahunan ini, jadi keberkahan tersendiri bagi masyarakat Desa Belimbing.

Kades Belimbing, Hernadi mengatakan, jika potensi pertanian dan perkebunan menjadi sektor unggulan Desa Belimbing. "Alhamdulillah, Desa Belimbing ini steril dari aktivitas tambang timah, karena memang tidak ada timahnya. Maka dari itu, masyarakat disini hanya mengandalkan sektor perkebunan dan pertanian," ungkap Kades Hernadi kepada awak media di Desa Belimbing, Rabu (27/11) pagi.

Diantaranya hasil perkebunan unggulan Desa Belimbing ini, adalah penghasil buah durian yang banyak diminati dan dicari. "Durian dari Desa Belimbing ini, memang banyak dicari dan diminati masyarakat. Bahkan, pengepul setiap hari datang untuk memborong buah durian masyarakat disini, untuk dijual di seputaran Kecamatan Lubukbesar, Kota Koba, hingga Pangkalpinang. Bahkan, masyarakat terkadang kewalahan untuk memenuhi permintaan pengepul," ungkapnya.

Sementara itu, Abdul Rasyid salah seorang masyarakat Desa Belimbing penjual buah durian menambahkan, ada berbagai jenis buah durian unggulan dari Desa Belimbing ini, diantaranya durian Binjai atau Sebinjai, durian Sejantung dan durian Tembaga Super, Ice dan lainnya. 

"Untuk harga jual buah durian sesuai kualitas, mulai dari belasan ribu perbuah, puluhan ribu hingga ada yang ratusan ribu perbuahnya. Buah durian yang dipanen petani, semuanya matang sempurna di pohon, bukan diperam atau karbitan. Sehingga rasa dan aromanya khas," pungkas Rasyid. 

Sementara itu, John Pieter warga Koba mengungkapkan, jika diri sengaja datang ke Desa Belimbing ini untuk membeli dan merasakan sensasi makan buah durian dari kebunnya. "Buah durian dari Desa Belimbing ini, matangnya sempurna dan kualitasnya juga bagus dengan harga terjangkau," ungkap John.(and)







Berikan Komentar

Probis Lainnya
Budidaya Madu Kelulut, Solusi "Pengangguran" Berpenghasilan Tetap
Budidaya Madu Kelulut, Solusi "Pengangguran" Berpenghasilan Tetap
Kamis, 28 November 2019 15:01 WIB
LUBUKBESAR - Hartono yang akrab disapa Bung Ar, inisiator pembudidaya madu kelulut di Desa Lubuklingkuk, Kecamatan Lubukbesar Kabupaten Bangka Tengah
AHM Berbagi Ilmu Produksi Motor di Pabrik Tercanggih di Dunia
AHM Berbagi Ilmu Produksi Motor di Pabrik Tercanggih di Dunia
Senin, 28 Oktober 2019 15:25 WIB
JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) aktif berbagi ilmu dan pengetahuan terkait proses produksi sepeda motor Honda di pabriknya
Sederet Penghargaan yang di dapat PLN Babel
Sederet Penghargaan yang di dapat PLN Babel
Minggu, 27 Oktober 2019 20:39 WIB
PANGKALPINANG- PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN UIW Babel) berhasil mendapatkan sederet penghargaan dari pihak eksternal setelah berhasil
PLN Babel Berdayakan Masyarakat Lewat CSR
PLN Babel Berdayakan Masyarakat Lewat CSR
Minggu, 27 Oktober 2019 20:36 WIB
PANGKALPINANG - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung (Babel) selain mendukung kemajuan provinsi Babel dari segi penyediaan tenaga