12 Pulau Terluar di Babel Dilistriki PLN dalam Tiga Tahun


12 Pulau Terluar di Babel Dilistriki PLN dalam Tiga Tahun

PANGKALPINANG -  PLN menyadari, bahwa Bangka Belitung adalah daerah kepulauan yang terdiri dari berbagai pulau kecil. Upaya menerangi daerah tersebut tidak hanya terbatas pada dua pulau besar yang ada yaitu Bangka dan Belitung namun juga pulau-pulau kecil terdepan, terluar dan tertinggal yang ada di provinsi tersebut. 

Meski tak mudah, sebanyak 12 pulau terluar di Bangka Belitung dapat dilistriki PLN dalam tiga tahun, yaitu sejak periode 2017 hingga 2019. 

Tercatat pada tahun 2017 sebanyak delapan pulau yaitu Pulau Pongok, Pulau Celagen, Pulau Nangka, Pulau Seliu, Pulau Gresik, Pulau Bukulimau, Pulau Sumedang, dan Pulau Selat Nasik. Kemudian di tahun 2018 ada tiga pulau yang mendapat pasokan listrik dari PLN, yaitu Pulau Kalapan, Pulau Tanjung Tinggi, dan Pulau Panjang. 

Lebih dari itu, tahun ini tepat pada peringatan 74 tahun hari listrik nasional, PLN juga melistriki pulau Kuil. Sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Belitung dengan penduduk sejumlah 159 kepala keluarga. Pulau ini disuplai dengan menggunakan mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) kapasitas 100 kilo watt (kW). Pulau yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan ini belum menikmati listrik dari sejak tahun 1950. 

Dengan luas pulau mencapai 126.892 meter persegi, PLN harus mengangkut mesin dari kota ke pulau tersebut dengan menggunakan kapal nelayan selama empat hingga lima jam perjalanan. 

Kepala Dusun Tiga, Pulau Kuil, Idris mengungkapkan terima kasih karena PLN dapat masuk ke Pulau Kuil untuk memberi penerangan di desanya. 

“Kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih atas upaya PLN memberikan penerangan di desa kamu ini, karena kami merasa kasihan kepada para warga di sini belum memiliki listrik. Sebelumnya warga hanya menyalur dari rumah warga yang memiliki genset sendiri,”ujarnya, Minggu (27/10/2019). 

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung, Abdul Mukhlis mengungkapkan bahwa upaya PLN melistriki pulau-pulau terpencil ini sebagai bentuk energy berkeadilan. 

“Upaya PLN melistriki pulau-pulau terpencil ini adalah bentuk nyata dari penugasan Pemerintah atas program subsidi tepat sasaran beberapa tahun lalu, sehingga listrik dapat dinikmati secara merata oleh seluruh rakyat Indonesia”Jelasnya. 

Menurutnya, jika melihat pada aspek pembiayaan, melistriki pulau diperlukan investasi yang besar dengan tingkat pengembalian nilai investasi yang relatif lama. PLN harus menggelontorkan biaya investasi mencapai Rp. 35,9 miliar untuk membangun seluruh pulau tersebut. 

“Biaya itu belum menghitung investasi pembangunan jaringan listrik dan biaya operasional seperti bahan bakar minyak (BBM), pelumas, pemeliharaan, kepegawaian dan sebagainya,”terangnya. 

Ia mengatakan, besarnya biaya pokok penyediaan listrik (BPP) yang diperlukan untuk meyalakan listrik di dearah kepulauan rata-rata sebesar Rp. 4.200,-/kWh, sedangkan harga jual rata-rata hanya sebesar Rp. 1.457,-/kWh. 

“Jika melihat pada aspek ini, secara bisnis memang tidak menguntungkan, namun hal ini kami lakukan sebagai bentuk dukungan kami bahwa listrik sebagai lokomotif kegiatan perekonomian, pendidikan, kesehatan, dan teknologi,”tutupnya.(rel)







Berikan Komentar

Probis Lainnya
Budidaya Madu Kelulut, Solusi "Pengangguran" Berpenghasilan Tetap
Budidaya Madu Kelulut, Solusi "Pengangguran" Berpenghasilan Tetap
Kamis, 28 November 2019 15:01 WIB
LUBUKBESAR - Hartono yang akrab disapa Bung Ar, inisiator pembudidaya madu kelulut di Desa Lubuklingkuk, Kecamatan Lubukbesar Kabupaten Bangka Tengah
Musim Durian Jadi Berkah Masyarakat Desa Belimbing
Musim Durian Jadi Berkah Masyarakat Desa Belimbing
Rabu, 27 November 2019 17:00 WIB
LUBUKBESAR - Musim durian telah tiba, Desa Belimbing Kecamatan Lubukbesar Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) adalah salah satu desa penghasil durian
AHM Berbagi Ilmu Produksi Motor di Pabrik Tercanggih di Dunia
AHM Berbagi Ilmu Produksi Motor di Pabrik Tercanggih di Dunia
Senin, 28 Oktober 2019 15:25 WIB
JAKARTA – PT Astra Honda Motor (AHM) aktif berbagi ilmu dan pengetahuan terkait proses produksi sepeda motor Honda di pabriknya
Sederet Penghargaan yang di dapat PLN Babel
Sederet Penghargaan yang di dapat PLN Babel
Minggu, 27 Oktober 2019 20:39 WIB
PANGKALPINANG- PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN UIW Babel) berhasil mendapatkan sederet penghargaan dari pihak eksternal setelah berhasil