Tanjungpandan dan Pangkalpinang Mengalami Inflasi Tertinggi di Babel


Tanjungpandan dan Pangkalpinang Mengalami Inflasi Tertinggi di Babel

PANGKALPINANG - Tanjungpandan Kabupaten Belitung, mengalami  inflasi tertinggi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), pada Februari 2019 sebesar 1,23 % (mtm) dengan inflasi tahunan sebesar 3,53 (yoy).

Urutan kedua ditempati  kota Pangkalpinang 0,93 % (mtm) dengan inflasi tahunan 3,10 %  (yoy). Inflasi terjadi pada bulan Januari 2019 didorong kenaikan kelompok bahan makanan yang memberikan dampak besar pada peningkatan inflasi sebesar 3,07 % (mtm), sehingga memberikan andil 0,68%.

Sedangkan untuk inflasi Provinsi Kepulauan Babel tercatat mengalami inflasi yang terkendali sebesar 3,25% (yoy) atau secara bulanan sebesar 1,04% (mtm). Tekanan inflasi tersebut masih diwarnai dengan peningkatan inflasi dari angkutan udara dan beberapa komoditas pangan. 

“Inflasi bulan Januari 2019 masih cenderung terkendali dibandingkan dengan historisnya, nuansa libur awal tahun masih memberikan tendensi peningkatan inflasi," Kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Babel, Tantan Heroika, Kamis (7/2)

Dikatakan Tatan, tekanan inflasi dari kelompok bahan makanan ini disebabkan oleh meningkatnya inflasi dari sub kelompok ikan segar yang mengalami inflasi sebesar 7,11% (mtm), meningkat dari bulan sebelumnya sebesar 2,75% (mtm) dengan komoditas ikan kembung yang memberikan andil terbesar sebesar 0,11%. 

Selain itu, tekanan inflasi bahan makanan juga disumbangkan oleh beberapa komoditas diantaranya daging ayam ras dan beras. Kenaikan inflasi dari sejumlah bahan pangan ini disebabkan oleh terganggunya jalur distribusi laut akibat gelombang tinggi sehingga mempengaruhi ketersediaan pangan lokal ditengah peningkatan permintaan.

"Secara tahunan tekanan inflasi di Provinsi Kep. Bangka Belitung disebabkan oleh kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan dengan andil inflasi tahunan sebesar 0,94% yang bersumber dari tarif angkutan udara yang memberikan andil sebesar 0,80%." ujar Tatan.

Terjadinya inflasi angkutan udara secara tahunan ini ditengarai disebabkan adanya perubahan strategi bisnis dari seluruh level maskapai penerbangan yang menyebabkan perubahan struktur biaya dan tarif angkutan udara. Selain itu, adanya kenaikanairport tax juga memberikan dampak terhadap kenaikan inflasi angkutan udara.

Capaian inflasi yang stabil pada tahun 2018 diperkirakan akan dapat dipertahankan sesuai dengan target inflasi yang ditetapkan Pemerintah tetap berada pada rentang 2,5% - 4,5% (yoy). Akan tetapi, risiko inflasi yang muncul dari kelompok transportasi perlu diantisipasi. 

“Pencapaian inflasi yang baik pada tahun 2018 dapat kita pertahankan di tahun 2019 ini. Upaya yang sudah dilakukan terus menerus oleh para pihak telah terbukti dapat mengawal stabilitas inflasi. Koordinasi yang baik antara Tim Pengendalian Inflasi Daerah dan Satgas Pangan juga telah dapat mengawal stabilitas bahan pangan sampai dengan akhir tahun 2019," ujarnya

Lebih lanjut, dirinya mengimbau agar tetap waspada mengawal inflasi di tahun 2019, kedepan tantangan struktural inflasi masih akan dihadapi dalam mengawal stabilitas inflasi. Keterbatasan produktivitas lokal dan masalah konektivitas masih akan menjadi persoalan utama dalam pengendalian inflasi di Bangka Belitung. 

"Selain itu, tantangan inflasi dari tarif angkutan udara juga memberikan risiko terhadap pencapaian inflasi di Bangka Belitung. Oleh karena itu, koordinasi dan sinergi berbagai pemangku kepentingan dapat terus dijaga dan ditingkatkan untuk memecahkan masalah struktural inflasi di Bangka Belitung," tungkasnya. (mon)







Berikan Komentar

Probis Lainnya
PLN Babel Tanda Tangani SPJBTL Layanan Premium Total Daya 134 Ribu VA
PLN Babel Tanda Tangani SPJBTL Layanan Premium Total Daya 134 Ribu VA
Jum'at, 04 Oktober 2019 10:06 WIB
PANGKALPINANG - PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (PLN Babel) tanda tangani surat perjanjian jual beli tenaga listrik (SPJBTL)
Jelang Lebaran 2019, Layanan Penukaran Uang Kecil Di Babel Meningkat 58 Persen
Jelang Lebaran 2019, Layanan Penukaran Uang Kecil Di Babel Meningkat 58 Persen
Senin, 20 Mei 2019 15:10 WIB
PANGKALPINANG- Menjelang lebaran, kebutuhan masyarakat akan pecahan uang kecil semakin meningkat tiap tahunnya. Berbagai Bank di Indonesia sudah menyiapkan uang
Selama Ramadhan, Ada Paket Promo Di XTreme-Bar Resto, Bakal Nyesel Kalo Nggak Nyoba
Selama Ramadhan, Ada Paket Promo Di XTreme-Bar Resto, Bakal Nyesel Kalo Nggak Nyoba
Sabtu, 11 Mei 2019 14:06 WIB
PANGKALPINANG - Xtreme-Bar Resto kini telah hadir di Kota Pangkalpinang untuk memanjakan para pecinta kuliner yang ingin menikmati sensasi aneka
Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai Adakan MoU Penguatan Pelaksanaan Join Program
Ditjen Pajak dan Ditjen Bea Cukai Adakan MoU Penguatan Pelaksanaan Join Program
Kamis, 14 Februari 2019 22:16 WIB
PANGKALPINANG - Kepala Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung Imam Arifin bersama Kepala Kanwil DJBC Sumatera Bagian