Asian Games Sumbang Pertumbuhan Ekonomi Indonesia


Asian Games Sumbang Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa perhelatan Asian Games pada Agustus 2018 membawa dampak ekonomi langsung dan tidak langsung bagi masyarakat Indonesia.

Beberapa dampak signifikan yang mulai terasa, antara lain peningkatan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi di kota-kota tempat pelaksanaan Asian Games, maupun bertambahnya wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia.

Asian Games tahun 2018, katanya, merupakan salah satu kegiatan olahraga terbesar di Indonesia, setelah Indonesia menjadi tuan rumah untuk ajang olahraga yang sama pada 60 tahun silam.

Menurutnya, Asian Games tahun 1962 menyisakan bukti sejarah bagi Indonesia seperti keberadaan kompleks olahraga di Senayan, termasuk televisi nasional TVRI.

"Dari sisi ekonomi, ada peningkatan kesempatan kerja. Pasti ada dampak kesempatan kerja, usaha dan promosi untuk di Jakarta dan Palembang. Tentunya ada penciptaan nilai tambah ekonomi," kata Bambang dalam Forum Merdeka Barat 9 di Gedung Bappenas, Jakarta, Minggu, 29 Juli 2018.

Dari segi ekonomi, Bambang mencontohkan, uang yang dikeluarkan untuk pembangunan LRT di Palembang dapat dihitung sebagai dampak langsung terhadap ekonomi kota Palembang.

"Investasi pemerintah untuk membangun infrastruktur pendukung dan sarana olahraga. Apa yang dilakukan untuk renovasi venue Asian Games itu masuk dalam investasi pemerintah untuk sarana olahraga," ujarnya.

Sementara itu dampak tidak langsung atau efek ganda terhadap perekonomian dapat dilihat dari penciptaan lapangan kerja dan perbaikan pendapatan masyarakat.

"Jadi, misalnya, ketika LRT Palembang dibangun atau Jakabaring direnovasi, maka akan ada penciptaan lapangan kerja. Di Jakarta, misalnya, ada perbaikan di Pulomas dan Rawamangun, itu pasti juga ada pembukaan lapangan kerja. Dampaknya, konsumsi juga meningkat," ujarnya. (viva)







Berikan Komentar

Probis Lainnya
PT. WOM Finance Salurkan Bansos CSR Total 21,5 Miliar
PT. WOM Finance Salurkan Bansos CSR Total 21,5 Miliar
Minggu, 16 Desember 2018 22:13 WIB
PANGKALPINANG - Di penghujung tahun 2018, PT. Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) menyelenggarakan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk seluruh
RUPS-LB BPRS Babel Tetapkan Memet Karyadi Sebagai Direktur Utama
RUPS-LB BPRS Babel Tetapkan Memet Karyadi Sebagai Direktur Utama
Jum'at, 14 Desember 2018 20:44 WIB
PANGKALANBARU - Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS), Bangka Belitung (Babel), mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Jumat
Rupiah Rp14.500 per Dolar Masih di Bawah Fundamental
Rupiah Rp14.500 per Dolar Masih di Bawah Fundamental
Rabu, 28 November 2018 10:46 WIB
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengaku belum puas dengan penguatan nilai tukar rupiah yang terjadi belakangan ini.
Pemprov Babel Latih 50 Pelaku Usaha Pemula
Pemprov Babel Latih 50 Pelaku Usaha Pemula
Rabu, 28 November 2018 10:35 WIB
PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melatih 50 pelaku usaha pemula, agar mereka mampu bersaing dan menghasilkan produk berkualitas