Pemprov Babel Sambut Baik Rencana Pengembangan Bauksit


Pemprov Babel Sambut Baik Rencana Pengembangan Bauksit

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyambut baik perusahaan yang akan melakukan pengembangan bauksit sebagai upaya menarik investasi industri pengolahan hasil tambang di daerah itu.
    
"Kami menyambut baik rencana salah satu perusahaan yang akan melakukan pengembangan bauksit sehingga dapat menarik investasi di daerah ini dengan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat," kata Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Kepulauan Babel, Suranto Wibowo di Pangkalpinang, Selasa (7/11).
    
Ia menyebutkan pihak perusahaan tersebut telah melakukan survei di lahan bekas galian pertambangan timah dan menemukan kandungan bauksit yang cocok dikembangkan untuk bahan pembuatan isolator listrik.
    
"Bauksit yang terkandung di beberapa daerah di Kepulauan Babel dapat menjadi bahan baku pembuatan isolator listrik terutama yang bertegangan tinggi bagi PLN maupun perusahaan swasta lainnya," ujarnya.
    
Menurut Suranto, mekanisme penambangan bauksit akan melalui proses lelang maupun aplikasi dari PT Timah karena kandungan mineral tambang juga ditemukan di lahan izin usaha pertambangan (IUP) milik perusahaan BUMN tersebut.
    
"Tambang bauksit dapat meminta kerja sama dengan PT Timah karena menurut peraturan yang berlaku perusahaan dapat melakukan eksplorasi bauksit di daerah IUP BUMN tersebut tanpa melalui proses lelang," terangnya.
    
mengatakan saat ini PT Kencana Sakti Indonesia masih akan melakukan proses perizinan untuk memulai eksplorasi bauksit di wilayah Kepulauan Babel. "Kami berharap perusahaan yang akan melakukan penambangan bauksit dapat melakukan pendekatan dengan masyarakat maupun PT Timah agar rencana eksplorasi dapat berjalan dengan lancar," katanya. (ant/rb)







Berikan Komentar

Probis Lainnya
Rupiah Rp14.500 per Dolar Masih di Bawah Fundamental
Rupiah Rp14.500 per Dolar Masih di Bawah Fundamental
Rabu, 28 November 2018 10:46 WIB
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengaku belum puas dengan penguatan nilai tukar rupiah yang terjadi belakangan ini.
Pemprov Babel Latih 50 Pelaku Usaha Pemula
Pemprov Babel Latih 50 Pelaku Usaha Pemula
Rabu, 28 November 2018 10:35 WIB
PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melatih 50 pelaku usaha pemula, agar mereka mampu bersaing dan menghasilkan produk berkualitas
PT Telkom Pangkalpinang Serahkan Bansos Kepada Warga Kurang Mampu
PT Telkom Pangkalpinang Serahkan Bansos Kepada Warga Kurang Mampu
Kamis, 22 November 2018 18:04 WIB
PANGKALPINANG - PT. Telkom Cabang Kota Pangkalpinang memberikan bantuan sosial (bansos) berupa sembako kepada masyarakat yang kurang mampu di Kelurahan
Perry Warjiyo ; BI Terus Berada di Pasar
Perry Warjiyo ; BI Terus Berada di Pasar
Jum'at, 05 Oktober 2018 14:19 WIB
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan terus berada di pasar guna memantau dan melakukan langkah stabilisasi pergerakan rupiah yang dalam