Menyingkap Misteri Cara Berpikir antara Wanita dengan Pria


Menyingkap Misteri Cara Berpikir antara Wanita dengan Pria



RADARBANGKA.CO.ID - Perempuan lebih sering menggunakan otak kanannya, hal tersebut yang menjadi alasan perempuan lebih mampu melihat dari berbagai sudut pandang dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan penelitian Ragini Verma, PhD dosen pada University Pennsylvania di Philadelphia, otak perempuan lebih bisa mengaitkan memori dan keadaan sosial, ini yang menjadi alasan perempuan lebih sering mengandalkan perasaan.

Sedangkan menurut kajian Tel Aviv, perempuan dapat menyerap informasi lima kali lebih cepat dibandingkan laki-laki. Ini menjadi alasan perempuan lebih cepat menyimpulkan sesuatu dibanding laki-laki.

Berbeda dengan perempuan, laki-laki memiliki kemampuan motorik yang jauh lebih kuat dibandingkan perempuan. Kemampuan ini dapat digunakan untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi yang baik antara tangan dan mata.

Ini menjadi salah satu alasan laki-laki lebih baik dalam olahraga yang mengandalkan lempar-melempar bola.

Menurut Daniel Amen, MD, penulis Unleash the Power of the Female Brain, otak laki-laki 10% lebih besar dibanding perempuan, tetapi bukan berarti laki-laki menjadi lebih pintar dibandingkan dengan perempuan.

Ukuran otak tidak mempengaruhi kepintaran atau pun IQ seseorang. Menurut Witelson yang dikutip CBC News, otak laki-laki lebih rentan dibandingkan dengan otak perempuan. Selain itu, otak laki-laki mengalami perubahan seksual yang dipengaruhi oleh hormon testoterone.

Meskipun biasanya ukuran otak laki-laki lebih besar dibanding ukuran otak perempuan, faktanya hippocampus pada perempuan lebih besar dibanding laki-laki.

Hippocampus adalah bagian otak yang menyimpan memori, salah satu alasan perempuan bisa mengolah informasi lebih cepat seperti yang sudah disebutkan di atas.

Adanya perbedaan respons antara perempuan dan laki-laki terjadi karena perempuan memiliki verbal center pada kedua bagian otaknya, sedangkan laki-laki hanya memiliki verbal center pada otak bagian kiri.

Biasanya ini yang menyebabkan perempuan lebih suka berdiskusi, bergosip, bercerita panjang lebar dibanding laki-laki.

Laki-laki lebih suka melihat sesuatu yang mudah, mereka tidak memiliki ‘koneksi’ yang baik tentang hal-hal yang melibatkan perasaan, emosi, atau curahan hati.

Itu sebabnya, perempuan suka mengeluhkan bahwa laki-laki tidak cukup peka, melupakan hal-hal yang dianggap penting oleh perempuan seperti ulang tahun pernikahan. Hal ini dipicu karena otak laki-laki tidak didesain untuk terkoneksi pada perasaan atau emosi.

Laki-laki biasanya ketika memutuskan sesuatu jarang melibatkan perasaan. Laki-laki juga jarang menganalisis perasaannya dibandingkan dengan perempuan yang biasanya selalu melibatkan perasaan dalam memutuskan sesuatu. (Hellosehat)





Banner


Berikan Komentar

Lifestyle Lainnya
Inilah Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Selama Pandemi
Inilah Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Selama Pandemi
Kamis, 11 Juni 2020 09:39 WIB
JAKARTA - Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat kita harus beraktivitas dari rumah, baik dalam bekerja, belajar, hingga beribadah. Pada
Selain Jalan Kaki, 5 Olahraga ini Bisa Bikin Panjang Umur
Selain Jalan Kaki, 5 Olahraga ini Bisa Bikin Panjang Umur
Kamis, 28 Mei 2020 15:46 WIB
RADARBBANGKA.CO.ID - Salah satu olahraga yang murah, sederhana, dan praktis adalah jalan kaki. Anda bisa melakukannya tanpa harus bergantung pada
Cewek Tangguh! Virus Corona Bisa Dijinakkan Sendirian
Cewek Tangguh! Virus Corona Bisa Dijinakkan Sendirian
Jum'at, 15 Mei 2020 20:57 WIB
RADARBANGKA.CO.ID - Cewek ini sangat tangguh. Ceritanya penuh inspirasi. Saat terpapar covid-19, dia memutuskan untuk melawan virus sendirian tanpa bantuan
Tujuh Jenis Olahraga Ringan yang Aman Dilakukan Saat Puasa
Tujuh Jenis Olahraga Ringan yang Aman Dilakukan Saat Puasa
Jum'at, 24 April 2020 13:08 WIB
RADARBANGKA.CO.ID - Umat Muslim di seluruh penjuru dunia menjalankan Ibadah Puasa pada bulan Ramadhan. Berpuasa berarti menahan hawa nafsu, juga