Tujuh Jenis Olahraga Ringan yang Aman Dilakukan Saat Puasa


Tujuh Jenis Olahraga Ringan yang Aman Dilakukan Saat Puasa


RADARBANGKA.CO.ID - Umat Muslim di seluruh penjuru dunia menjalankan Ibadah Puasa pada bulan Ramadhan. Berpuasa berarti menahan hawa nafsu, juga menahan diri dari makan dan minum, dimulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Namun, berpuasa bukan berarti mengurangi aktivitas biasanya, termasuk berolahraga.

Tubuh yang lemas karena tidak ada asupan makanan dan minuman selama berpuasa menjadi alasan beberapa orang untuk malas melakukan kegiatan berat seperti berolahraga. 

Walau begitu, perlu diketahui olahraga saat puasa perlu dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh, tapi intensitasnya saja yang harus dikurangi. Pilihan olahraganya pun harus tepat, tak boleh yang terlalu berat dan menguras tenaga terlalu banyak.

Mengutip dari berbagai sumber, setidaknya ada 7 Jenis olahraga ringan yang bisa dicoba saat berpuasa. Bahkan, dianjurkan bagi umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

1. Jogging
Jogging dengan intensitas ringan sangat baik untuk dilakukan selama berpuasa. Kita bisa melakukan jogging beberapa jam setelah melakukan sahur di pagi hari atau saat sore menjelang waktu berbuka. Jogging di pagi hari memungkinkan kita tidak merasa terlalu lelah, karena masih banyaknya energi yang tersimpan di dalam tubuh setelah makan sahur. Tidak perlu khawatir, jogging masih termasuk ke dalam olahraga ringan yang dapat dilakukan selama puasa dan dapat dilakukan kapan saja.

2. Bersepeda
Bersepeda merupakan jenis olahraga alternatif ringan yang juga bisa dilakukan saat berpuasa. Bersepeda adalah contoh olahraga ringan sekaligus menyenangkan yang bisa kamu coba. Selain mengencangkan otot, bersepeda juga menyehatkan jantung. Melakukan olahraga ini saat puasa juga menjaga tubuh agar tidak lemas karena dengan bersepeda pikiran juga lebih tenang dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh bisa terkontrol lebih mudah.

3. Bowling
Bowling termasuk olahraga ringan yang tidak membutuhkan banyak energi sekaligus tidak kalah mengasyikan dari bersepeda. Dengan bermain bowling, kamu bisa sekaligus olahraga sembari menunggu waktu berbuka puasa. Olahraga ini bagus untuk menguatkan otot tangan dan melatih keseimbangan badan.

4. Renang
Menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa membakar kalori dengan baik, renang dapat kita pilih sebagai jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan selama berpuasa.  Berenang selama 30 menit terbukti mampu membakar 360 kalori bagi wanita dan 420 kalori bagi pria. Namun saat melakukan renang, tetaplah berhati-hati untuk mencegah masuknya air ke dalam mulut yang mungkin bisa membatalkan puasa.

5. Berjalan Kaki
Kamu bisa coba berjalan kaki sebagai pilihan jenis olahraga saat puasa yang sangat ringan dan mudah dilakukan. Cobalah berjalan kaki sekitar 30 menit per hari dan rasakan manfaat kesehatan yang luar biasa setelahnya. Jenis olahraga saat puasa ini terbukti secara medis dapat menurunkan risiko penyakit kronis, melancarkan pencernaan, hingga menurunkan berat badan!

6. Yoga
Selain mampu menjaga pikiran tetap rileks, yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga ringan yang dapat membantu dan mempercepat proses detoksifikasi di dalam tubuh. Meski begitu, olahraga saat puasa ini direkomendasikan saat pagi atau sore hari. Pilihlah lokasi yang tenang dan jauh dari keramaian untuk dapat melakukan yoga dengan maksimal.

7. Naik Turun Tangga
Jangan pandang sebelah mata kegiatan naik turun tangga ini, aktivitas naik turun tangga terbukti menjadi jenis olahraga yang aman dilakukan saat berpuasa. Naik turun tangga terbukti dapat menguatkan otot, menyehatkan jantung, dan membakar kalori tubuh 10 kali lipat lebih banyak daripada duduk. Lakukan olahraga ini dengan intensitas normal dan tidak berlebihan.

Olahraga saat berpuasa memang sangat disarankan. Namun, tidak dianjurkan memaksakan diri untuk olahraga terlalu lama. Batasi waktunya dan pilih olahraga yang sesuai dengan kemampuanmu.

Saat ini, kamu bisa mendapatkan aneka pakaian, termasuk pakaian olahraga dengan kualitas terpercaya dan harga bersahabat di Shopee karena Shopee sedang mengadakan kampanye belanja Big Ramadhan Sale dengan aneka penawaran menarik. Dengan promo Gratis Ongkir Xtra, Pasti Diskon 50%, dan kesempatan untuk mendapatkan THR 10 M Koin Shopee dengan main Shopee Tanam, Ramadan jadi lebih seru dan berkesan, bukan?.(**)





Banner


Berikan Komentar

Lifestyle Lainnya
Inilah Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Selama Pandemi
Inilah Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Selama Pandemi
Kamis, 11 Juni 2020 09:39 WIB
JAKARTA - Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat kita harus beraktivitas dari rumah, baik dalam bekerja, belajar, hingga beribadah. Pada
Selain Jalan Kaki, 5 Olahraga ini Bisa Bikin Panjang Umur
Selain Jalan Kaki, 5 Olahraga ini Bisa Bikin Panjang Umur
Kamis, 28 Mei 2020 15:46 WIB
RADARBBANGKA.CO.ID - Salah satu olahraga yang murah, sederhana, dan praktis adalah jalan kaki. Anda bisa melakukannya tanpa harus bergantung pada
Cewek Tangguh! Virus Corona Bisa Dijinakkan Sendirian
Cewek Tangguh! Virus Corona Bisa Dijinakkan Sendirian
Jum'at, 15 Mei 2020 20:57 WIB
RADARBANGKA.CO.ID - Cewek ini sangat tangguh. Ceritanya penuh inspirasi. Saat terpapar covid-19, dia memutuskan untuk melawan virus sendirian tanpa bantuan
Menyingkap Misteri Cara Berpikir antara Wanita dengan Pria
Menyingkap Misteri Cara Berpikir antara Wanita dengan Pria
Jum'at, 15 Mei 2020 20:39 WIB
RADARBANGKA.CO.ID - Perempuan lebih sering menggunakan otak kanannya, hal tersebut yang menjadi alasan perempuan lebih mampu melihat dari berbagai sudut