Lee Chong Wei dan Lin Dan Gugur


 
    KUALA LUMPUR - Kejutan terjadi di babak pertama nomor tunggal putra Malaysia Masters (Super 500). Pemain Indonesia, Ihsan Maulana Mustofa mengalahkan ranking enam dunia asal Tiongkok, Lin Dan. Pada pertandingan yang digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Rabu (17/1) malam WIB, Ihsan bermain all out dan menang dalam rubber game.

    Pemain kelahiran Tasikmalaya berusia 22 tahun itu butuh waktu satu jam sebelas menit (statistik BWF) untuk menyingkirkan Super Dan (julukan Lin Dan). Ini adalah kemenangan pertama Ihsan dari lima pertemuannya dengan Lin Dan. Di 16 Besar, Ihsan yang kini menduduki ranking 47 dunia, akan berhadapan dengan tunggal Thailand Suppanyu Avihingsanon. Kedua pemain ini sama-sama lolos ke babak utama dari kualifikasi.

    Keberhasilan Ihsan membuat Indonesia memiliki tiga tunggal putra di 16 Besar Malaysia Masters. Sebelumnya, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting juga sudah lolos ke babak kedua. Hebatnya, ketiga 'tunggal putra Cipayung' ini mengalahkan pemain-pemain papan atas. Jonatan menaklukkan Chou Tien Chen (Taiwan), sementara Ginting menyingkirkan jagoan Tiongkok, Chen Long. 

    Selain Lin Dan, andalan tuan rumah, Lee Chong Wei gugur di babak pertama. Jago tepok bulu ranking dua dunia itu menyerah di tangan tunggal Jepang Kenta Nishimoto (peringkat 29 dunia). Pada pertandingan di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Rabu (17/1) malam WIB, Chong Wei takluk 21-19, 18-21, 19-21 dalam durasi satu jam 18 menit (statistik BWF). Lee Chong Wei bukan pemain unggulan satu-satunya yang kandas di babak pertama. Son Wan Ho (Korea) Chou Tien Chen (Taiwan), Chen Long (Tiongkok) dan Lin Dan (Tiongkok) juga kandas di babak pertama.

    Tiga nama terakhir takluk dari pemain-pemain Indonesia yakni Jonatan Christie, Anthoni Sinisuka Ginting dan Ihsan Maulana Mustofa. Indonesia sendiri berhasil mengirim sembilan wakilnya ke 16 Besar. Selain tiga tunggal putra tadi, ada dua ganda campuran yakni Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

    Kemudian tiga di ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Wahyu Nayaka/Ade Yusuf serta Berry Angriawan/Hardianto. Di ganda putri Merah Putih meloloskan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani. "Lebih banyak inisiatif main di tempo cepat dan menyerang. Karena Chen Long adalah tipikal pemain reli panjang,” kata Ginting yang menang dengan skor 17-21, dan 15-21, Rabu (17/1). 

    Ginting menambahkan, sepanjang pertandingan ia juga sanggup menjaga fokusnya. "Selain itu juga berusaha tetap konsisten di strategi permainan yang sudah saya siapkan dan tidak boleh lengah,” kata Ginting. Di lain pihak, Ihsan mengaku ia jauh lebih bisa menikmati permainannya ketimbang di Thailand Masters 2018 kemarin. Hal itu yang membuatnya bis amerengkuh kemenangan meskipun menghadapi lawan sekelas Lin Dan hingga berhasil menang 21-16, 18-21, dan 21-17.

    “Waktu di Thailand, saya merasa nggak enjoy banget. Sedikit-dikit mati sendiri, banyak melakukan kesalahan pokoknya,” katanya. Ihsan menilai, Lin Dan pun tampil maksimal. Hal ini terlihat dari banyaknya reli panjang yang dilakukan peraih medali emas tunggal putra di Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012 itu. "Biasanya kalau dia tidak maksimal, dari game kedua sudah dilepas,” katanya lagi.(kar/JPC)







Berikan Komentar

Internasional Lainnya
Indonesia Dukung Islam Wasathiyah Dunia
Indonesia Dukung Islam Wasathiyah Dunia
Rabu, 02 Mei 2018 14:34 WIB
JAKARTA - Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa, menegaskan bahwa Indonesia mendukung terbentuknya poros Islam wasathiyah dunia.
Lewat Selebaran, Israel Adu Domba Warga Gaza dengan Hamas
Lewat Selebaran, Israel Adu Domba Warga Gaza dengan Hamas
Senin, 23 April 2018 12:02 WIB
GAZA - Israel mengancam warga Palestina lewat selebaran yang disebar di wilayah Gaza, Jumat (20/4). Selebaran itu terkait demonstrasi Great
Rusia: Kelakuan AS dan Sekutu Sudah Menyimpang Hukum Internasional
Rusia: Kelakuan AS dan Sekutu Sudah Menyimpang Hukum Internasional
Selasa, 17 April 2018 23:18 WIB
Negara-negara yang menyerang Syria pada Rabu (13/4) malam dinilai telah melanggar hukum internasional. Pernyataan tersebut dikatakan utusan Rusia, Vassily Nebenzia
Kolumnis New Zealand Sudutkan Jokowi, Dubes Tantowi Bereaksi
Kolumnis New Zealand Sudutkan Jokowi, Dubes Tantowi Bereaksi
Selasa, 27 Maret 2018 04:30 WIB
WELLINGTON - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Selandia Baru Tantowi Yahya melayangkan protes ke kolumnis Audrey Young. Penyebabnya,