Kembangkan Minat Baca Masyarakat, Siswa SMKN 2 Koba Bagikan Buku Bacaan


Kembangkan Minat Baca Masyarakat, Siswa SMKN 2 Koba Bagikan Buku Bacaan

KOBA - Guna meningkatkan minat baca masyarakat, maka para siswa SMKN 2 Koba kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran, membagikan sejumlah buku bacaan kepada masyarakat Desa Kurau, Kecamatan Koba, Bangka Tengah (Bateng) pemilik perahu yang sering berlalu-lalang mengantar penumpang ke dari Desa Kurau menuju Pulau Ketawai, Kamis (28/11).

Ardian, Guru SMKN 2 Koba yang juga Koordinator Pelaksana kegiatan tersebut kepada awak media, Kamis (28/11) siang mengatakan, selain sejumlah buku bacaan, para pelajar tersebut juga menyumbangkan 11 majalah dinding ke Rumah Pelangi Desa Kurau.

"Kegiatan ini, sebagai bentuk ajakan para siswa kepada masyarakat untuk melestarikan budaya membaca juga melalui mading berdesain 3 dimensi. Selain iru, para pelajar kita ini juga berniat mulia untuk memprakarsai rumah literasi bagi anak-anak di Desa Kurau ini," ujar Ardian.

Lanjutnya, belasan mading ini setiap bulan akan direvisi sesuai dengan tema-tema yang akan diangkat. "Untuk isi mading kali ini temanya tentang guru, karena momentnya  bertepatan dengan hari guru. Tujuannya, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk cinta, sayang dan menghormati guru," katanya.

Menurutnya, dengan kegiatan pembelajaran seperti ini, diharapkan mampu memupuk kecintaan pelajar untuk membudayakan literasi terutama di sejumlah kawasan pariwisata Provinsi Bangka Belitung, khususnya Kabupaten Bateng.

"Sudah saatnya, pola pembelajaran SMA dan Kejuruan kini mengena sasaran langsung kepada masyarakat, seperti yang dilakukan pelajar-pelajar kita saat ini," ungkapnya.

Hal senada disampaikan, Sandi seorang siswa SMKN 2 Koba, proses pembelajaran yang berbasis proyek dan pariwisata ini, dapat membantu menumbuhkan minat baca pada diri anak-anak dan remaja. "Melalui kegiatan ini, kami sebagai pelajar dapat mengembangkan jiwa sosial kepada masyarakat," pungkasnya. (and)







Berikan Komentar

Edukasi Lainnya
Bupati Ibnu Saleh Memberikan Bonus UN Kepada Siswa Berprestasi
Bupati Ibnu Saleh Memberikan Bonus UN Kepada Siswa Berprestasi
Senin, 02 Desember 2019 17:00 WIB
KOBA - Guna memotivasi para siswa sekolah untuk semakin giat belajar dan ukir prestasi, maka Pemda Bangka Tengah (Bateng) melalui
Taman Edukasi Madu Sadaki, Ajarkan Masyarakat Pentingnya Lestarikan Alam
Taman Edukasi Madu Sadaki, Ajarkan Masyarakat Pentingnya Lestarikan Alam
Kamis, 28 November 2019 17:00 WIB
NAMANG - Guna mengenal tentang madu, maka komunitas guru dan anak-anak PAUD Kecamatan Simpangkatis dan Kecamatan Sungaiselan mengunjungi Taman Edukasi
Kades Belimbing Harapkan Tambahan Bantuan Bus Anak Sekolah
Kades Belimbing Harapkan Tambahan Bantuan Bus Anak Sekolah
Rabu, 27 November 2019 16:07 WIB
LUBUKBESAR - Hernadi, Kades Belimbing Kecamatan Lubukbesar Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), mengharapkan bantuan bus sekolah bagi anak-anak SMA/SMK dari Desa
Pemkab Bangka Monitoring  dan Evaluasi 9 Mahasiswa Program BUD di FK Kedokteran Jambi
Pemkab Bangka Monitoring dan Evaluasi 9 Mahasiswa Program BUD di FK Kedokteran Jambi
Kamis, 31 Oktober 2019 00:41 WIB
JAMBI - Bupati Bangka Mulkan SH, MH di wakili Staf ahli bidang Politik dan Pemerintahan, H Darmawi melakukan Monitoring