Dindikbud Basel Gelar Bimtek Penyusunan Soal USBN


Dindikbud Basel Gelar Bimtek Penyusunan Soal USBN

TOBOALI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan soal ujian sekolah berstandar nasional (USBN) 2019 untuk SD sederajat di Grand Marina Hotel,Senin (18/2). Bimtek yang digelar selama 2 hari  itu dibuka langsung Kepala Dindikbud Basel,Eddy Supriadi.

“Kegiatan bimtek ini penyusunan soal UASBN sekolah dasar bertujuan meningkatkan pemahaman guru - guru yang ada di Kabupaten Bangka Selatan tentang teknis penyusunan soal UASBN sehingga dapat menyesuaikan soal - soal yang valid,”ujar Kepala Dindikbud Basel,Eddy Supriadi dikonfirmasi Radar Bangka.

Menurut Eddy, kegiatan itu dilakukan dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) diharapkan dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kompetensi anggotanya, khususnya dalam kontribusi untuk menumbuh kembangkan budaya pembelajaran yang berpusat pada kebutuhan peserta didik dan kelas.

“Sehingga nantinya akan berdampak pada peningkatan mutu pembelajaran, yang berujung pada peningkatan mutu pendidikan secara menyeluruh.Pada kegiatan ini juga diharapkan memberikan kontribusi dalam peningkatan kompetensi anggota dan guru, khususnya hal penyusunan soal ujian sekolah berstandar nasional,”jelasnya.

Ia berharap melalui kegiatan yang diikuti sebanyak 90 peserta ini menjadi langkah awal untuk menjadikan pendidikan di Kabupaten Basel betul-betul berkualitas demikian halnya dengan terwujudnya siswa-siswa yang berkualitas. Salah satu caranya adalah meningkatkan mutu ujian akhir sekolah berstandar nasional dengan meningkatkan mutu soal yang bermutu.

“Salah satu indikatornya adalah tingkat validasi dan reiabilitas yang tinggi. Penguatan kemauan mereka dan juga dalam rangka peningkatkan kualitas. Kami harap ilmu yang didapatkan ini mereka aplikasikan di wilayah kerjanya masing - masing khususnya di sekolahnya,”tandas Eddy.(bim)





Banner


Berikan Komentar

Edukasi Lainnya
Mas Nadiem, Sekolah Swasta Butuh Keleluasaan Gunakan Dana BOS Untuk Guru Honorer
Mas Nadiem, Sekolah Swasta Butuh Keleluasaan Gunakan Dana BOS Untuk Guru Honorer
Senin, 22 Juni 2020 17:50 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI Himmatul Aliyah menyampaikan keluhan pihak sekolah swasta terhadap penggunaan dana BOS (bantuan operasional
Penjelasan Kemendikbud Soal Isu Peleburan Mapel Agama dan PKn Melegakan
Penjelasan Kemendikbud Soal Isu Peleburan Mapel Agama dan PKn Melegakan
Senin, 22 Juni 2020 13:33 WIB
JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI Prof Zainuddin Maliki menilai penjelasan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) soal isu
Kemendikbud Minta Guru Tidak Paksakan Ketuntasan Kurikulum
Kemendikbud Minta Guru Tidak Paksakan Ketuntasan Kurikulum
Kamis, 18 Juni 2020 12:16 WIB
JAKARTA - Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Iwan Syahril meminta para guru tidak memaksakan penuntasan kurikulum.
Disdik Pangkalpinang Uji Coba PPDB Daring Pada 16 Juni
Disdik Pangkalpinang Uji Coba PPDB Daring Pada 16 Juni
Kamis, 11 Juni 2020 09:36 WIB
PANGKALPINANG - Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan melakukan uji coba Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun