UNBK Kota Pangkalpinang Masih Terkendala Sistem


UNBK Kota Pangkalpinang Masih Terkendala Sistem

PANGKALPINANG - Jaringan sibuk menjadi salah satu kendala yang dihadapai siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (Mts) dalam menghadapai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin (23/4) kemarin. 

Pjs Walikota Pangkalpinang Asyraf Suryadin  saat meninjau langsung pelaksanaan UNBK di SMP 3 Kota Pangkalpinang mengatakan, terkendala di sistem ini bukan hanya di Kota Pangkalpinang saja akan tetapi hal ini menjadi kendala seluruh Indonesia.

"Karena itu memang dari pusat jadi kita anggap biasa, kita masih menunggu sistemnya sampai betul dan bisa digunakan," ujarnya. 

Selanjutnya Asyraf menambahkan, kondisi ini diyakini merupakan hal biasa dan dirinya beranggapan tidak akan mempengaruhi psikologis siswa yang sedang mengikuti UNBK. 

"Saya rasa ini biasa, tidak akan mempengaruhi psikologis siswa, nantinya UNBK akan berlanjut hingga dibagi ke beberapa sesi, saya harapkan siswa tetap fokus mengerjakan soal," sebutnya.

Senada Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang Ery Fahriaty, yang ikut langsung dalam peninjauan membenarkan adanya kendala tersebut. "Kendalanya dari pusat masalah sinkronisasi, ini mungkin bisa terjadi karena dihari pertama jam yang sama, ibarat pintu mau dibuka semuanya mau masuk, jadi timbul permasalahan karena serentak yang mau masuk kesistem," terangnya.

Namun dirinya memastikan, permasalahan tersebut tidak berlangsung lama dan bisa diatasi sehingga UNBK bisa segera dimulai. "Kita masih menunggu karena memang dari pusat jadi nantinya kalau sudah tidak masalah lagi sistemnya UNBK sudah bisa berjalan ke dalam beberapa sesi," terangnya.

Selain itu ia juga memastikan bahwa, walaupun UNBK belum dimulai dan terjadi keterlambatan. Siswa tetap diberikan waktu dalam satu sesi UNBK yakni 120 menit. "Iya tetap walaupun tertunda, nanti disesuaikan, waktu yang disediakan tidak akan berkurang jadi anak-anak tidak perlu cemas," tutupnya. (tya)







Berikan Komentar

Edukasi Lainnya
M Soleh : Pangkalpinang Raih Hasil UN Terbaik
M Soleh : Pangkalpinang Raih Hasil UN Terbaik
Senin, 13 Mei 2019 20:46 WIB
PANGKALPINANG - Kepala Dinas Pendidikan Bangka Belitung Babel),M Soleh mengungkapkan jika Kota Pangkalpinang merupakan kabupaten/kota terbaik peraih nilai Ujian Nasional
Ketua Umum DPP PGMI Syamsuddin : Perjuangkan Hak-Hak Guru Madrasah
Ketua Umum DPP PGMI Syamsuddin : Perjuangkan Hak-Hak Guru Madrasah
Senin, 25 Februari 2019 20:42 WIB
PANGKALPINANG – Kepengurusan Persatuan Guru Madrasah Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2018-2023 resmi dilantik. Acara ini dihadiri langsung oleh
Dindikbud Basel Gelar Bimtek Penyusunan Soal USBN
Dindikbud Basel Gelar Bimtek Penyusunan Soal USBN
Selasa, 19 Februari 2019 14:50 WIB
TOBOALI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan soal ujian sekolah berstandar
Pangkalpinang - Malaysia Tukaran Pelajar
Pangkalpinang - Malaysia Tukaran Pelajar
Rabu, 28 November 2018 10:28 WIB
PANGKALPINANG - Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Kota Pangkalpinang menerima kunjungan dari salah satu sekolah yang berasal dari Malaysia, kedatangan