Bawaslu Babel Segera Tindak Lanjuti Laporan Indikasi Kecurangan Surat Suara Pileg


Bawaslu Babel Segera Tindak Lanjuti Laporan Indikasi Kecurangan Surat Suara Pileg

PANGKALPINANG - Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menerima laporan dari DPD Golkar Babel terkait indikasi kecurangan pada rekapitulasi penghitungan suara legilatif ditingkat PPK kabupaten/kota.

Ketua Bawaslu Babel, Edi Irawan mengatakan, dalam laporan yang disampaikan tersebut, terdapat beberapa kesalahan didalam penyalinan tulisan rekapitulasi C1.

"Kita melihat dari yang disampaikan ini, ada beberapa kesalahan didalam penulisan penyalinan rekapitulasi C1, hasil penghitungan suara oleh KPPS," kata Edi kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Selasa (23/4/2019) sore.

Dia mengungkapkan, pihaknya akan segera menindaklanjuti laporan tersebut sesuai dengan prosedur yang berlaku. "Ini akan kita tindak lanjuti sesuai dengan prosedur," ungkapnya.

Lebih lanjut, di jelaskan dia, laporan tersebut akan disampaikan kepada KPU dan selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh Panwascam.

"Akan kita sampaikan kepada KPU Kabupaten/Kota, agar mereka juga bisa menindaklanjuti ini ke Panwas kecamatan, karena proses rekap hari ini masih di kecamatan," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Edi, Panwascam akan merekomendasikan laporan tersebut terkait dengan kesalahan-kesalahan prosedur administratif. 

"Artinya kesalahan ini harus dilakukan pembetulan oleh PPK didalam rekap C1 hasil penghitungan suara ini," terangnya.

Untuk memastikan permasalahan tersebut, menurut dia, sangat dimungkinkan PPK membuka C1 Plano. 
"Guna untuk memastikan bahwasanya itu memang terjadi kesalahan didalam penulisan ataupun didalam penyalinan rekap C1 ini," tandasnya (mon)





Banner


Berikan Komentar

Demokrasi Lainnya
Bawaslu Bateng Tetapkan 18 Anggota Panwascam Terpilih
Bawaslu Bateng Tetapkan 18 Anggota Panwascam Terpilih
Rabu, 18 Desember 2019 21:00 WIB
KOBA - Setelah menyelesaikan seluruh tahapan seleksi, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menetapkan 18 orang anggota Panwas
53 Orang Calon Panwascam Ikuti CAT
53 Orang Calon Panwascam Ikuti CAT
Jum'at, 13 Desember 2019 15:10 WIB
KOBA - Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Panwas Kecamatan Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), menggelar tes tertulis dalam bentuk CAT (Computer
 55 Orang Calon Panwascam Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi
55 Orang Calon Panwascam Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi
Senin, 09 Desember 2019 20:25 WIB
KOBA - Selain melakukan ujicoba pelaksanaan CAT, Pokja Pembentukan Panwascam Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) pada Senin (9/12), juga sudah
Bawaslu Bateng Gelar Ujicoba Seleksi CAT Panwascam
Bawaslu Bateng Gelar Ujicoba Seleksi CAT Panwascam
Senin, 09 Desember 2019 20:10 WIB
KOBA - Proses seleksi Panwas Kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) akan memasuki tahapan tes tertulis. Pada tahapan ini, Bawaslu