Kesenian Dambus


Kesenian Dambus

  BANGKA BELITUNG sebagai salah satu daerah rumpun melayu di Indonesia memiliki kesenian dan kebudayaan yang masih kental dengan adat melayu dan terikat dengan unsur keagamaannya. Kesenian Dambus adalah salah satu contoh kesenian khas Bangka Belitung yang masih popular hingga saat ini.
           
Dinamakan seni dambus karena kesenian ini terdiri dari alat musik, lagu dambus itu sendiri serta tariannya. Alat musik dambus merupakan alat musik tradisional khas Bangka Belitung yang memiliki bentuk mirip dengan gitar. Alat musik ini terdiri dari kepala yang berbentuk kepala rusa, senar dan juga badan dambusnya. Sesungguhnya alat musik dambus sudah ada sejak zaman dahulu kala dalam adat melayu, namun seiring berjalannya waktu, Bangka Belitung memiliki ciri khas tersendiri untuk alat musik dambusnya. Lantunan nada yang dihasilkan dari petikan senarnya begitu pas dengan irama musik melayu.
           
Sedangkan musik dambus sendiri diciptakan oleh masyarakat pribumi Bangka. Lirik lagunya menggunakan bahasa pengantar yakni bahasa melayu dengan menceritakan dan menggambarkan adat melayu pula – mengandung norma-norma adat dan nilai keagamaan. Lagu ini diiringi oleh musik dambus yang berasal dari lantunan nada alat musiknya.
           
Selain itu, musik dambus ini biasanya diiringi dengan tarian yang bernuansa melayu pula. Karena mengiringi musik dambus, jadi tarian ini diberi nama “Dincak Dambus”. Para penarinya menari dengan gemulai nan ceria, dan mengenakan kostum yang tertutup dan berwarna cerah.  Masyarakat Bangka Belitung ingin terus mempertahankan kesenian dambus, sehingga terciptalah tarian ini agar kesenian dambus lebih beragam dan dapat lebih memeriahkan acara jika ditampilkan dalam event-event tertentu. Hingga saat ini, sudah banyak sanggar yang tetap melestarikan kesenian ini.
           
Kesenian dambus biasanya ditampilkan pada acara-acara tertentu seperti acara adat, pesta pernikahan hingga diikutkan dalam perlombaan dan juga festival baik di Indonesia hingga ke Manca Negara. Itulah mengapa kesenian dambus menjadi kesenian unggulan yang ada di Bangka Belitung.

Naskah: Rati/AGP
Translation: Rita Eviyanti
English Editor: Gunawan Marwanto
Photo: Rusni

Sumber : http://www.visitbangkabelitung.com/content/dambus







Berikan Komentar

Budaya Lainnya
Pentas Seni dan Budaya Kabupaten Bangka Dibuka
Pentas Seni dan Budaya Kabupaten Bangka Dibuka
Kamis, 24 Agustus 2017 12:49 WIB
SUNGAILIAT - Tabuhan drum Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Rustamsyah menandai dibukanya pentas seni dan budaya dalam rangka Hari Ulang Tahun
Suku Loem Meriahkan Pawai Karnaval
Suku Loem Meriahkan Pawai Karnaval
Senin, 21 Agustus 2017 13:25 WIB
PANGKALPINANG - Hari kedua pawai kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 di provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) turut dimeriahkan oleh suku
Puncak Karnaval Budaya Labuan Bajo Sukses Curi Jutaan Perhatian Netizen
Puncak Karnaval Budaya Labuan Bajo Sukses Curi Jutaan Perhatian Netizen
Rabu, 02 Agustus 2017 19:40 WIB
MANGGARAI BARAT - Puncak Karnaval Budaya 2017 yang digelar di Labuan Bajo, Sabtu (29/7) berlangsung heboh
Ayo, Nonton Festival Budaya Toboali City On Fire Season II 2017
Ayo, Nonton Festival Budaya Toboali City On Fire Season II 2017
Jum'at, 28 Juli 2017 16:35 WIB
TOBOALI - Provinsi Bangka Belitung sedang on fire mempromosikan daerahnya sebagai destinasi pariwisata kelas dunia