Bukan Lagi Sekadar Trump Lawan Hillary
Bukan Lagi Sekadar Trump Lawan Hillary
Selasa, 17 Mei 2016 14:40 WIB

DIA tidak diperhitungkan saat mendaftarkan diri jadi calon presiden. Dianggap bukan calon yang serius. Ketika mulai tampak serius, dia dicibir. Bahkan, dijadikan bahan lawakan.

Sistem Profesor untuk Sekolah Baru
Sistem Profesor untuk Sekolah Baru
Senin, 02 Mei 2016 15:35 WIB

INILAH jenis sekolah yang tumbuh pesat di Amerika Serikat: charter school. Bukan negeri. Bukan pula swasta. Pendiri sekolah jenis ini umumnya guru. Yang punya jiwa keguruan 24 karat.

Tawaran Reno untuk Tesla dari Gubernur Gila
Senin, 25 April 2016 11:35 WIB

INI tidak mungkin terjadi di Indonesia. Seorang gubernur begitu nekatnya. Semata-mata hanya karena ingin daerahnya maju. Dengan cara melompat. Bukan dengan jalan santai.

Masa yang Sulit Cari Pemimpin
Selasa, 19 April 2016 09:06 WIB

Donald Trump sangat tidak dikehendaki partainya. Tapi, justru dia yang sering memenangi pemilihan awal. Terutama di negara-negara bagian di selatan. Posisi partai menjadi sulit. Maka di sisa pemilihan ini, partai mengusahakan

Penari Langit di Lokasi Steak Tujuh Ons
Penari Langit di Lokasi Steak Tujuh Ons
Senin, 18 April 2016 16:53 WIB

MENGAPA Anda ke Amarillo ini? Jauh-jauh datang dari Indonesia? Itulah pertanyaan yang sulit saya jawab. Kota ini memang kecil sekali. Letaknya pun nun di pedalaman Texas. Maka, saya putuskan untuk menjawabnya dengan seloroh

Nuklir Takut Radiasi, Panas Bumi Takut Spa
Nuklir Takut Radiasi, Panas Bumi Takut Spa
Senin, 11 April 2016 12:35 WIB

HATI-HATI. Banyak babi melintas di sini. Itulah papan peringatan baru di kawasan timur Provinsi Fukushima. Utamanya di dekat Minamisoma. Kota kecil yang paling menderita akibat tsunami besar lima tahun lalu.

Ketika Naga Lagi Menggigit Samurai
Ketika Naga Lagi Menggigit Samurai
Senin, 04 April 2016 08:29 WIB

Ini bukan jual beli biasa. Sharp menjual diri. Dibeli oleh Foxconn. Perusahaan teknologi Jepang dijual. Perusahaan Taiwan yang membeli.

Profesor Jangkung Pembina Ahli Indonesia
Profesor Jangkung Pembina Ahli Indonesia
Senin, 28 Maret 2016 02:03 WIB

PULANG dari nonton F1 di Melbourne, saya mampir ke Perth. Ada urusan bisnis dan kangen-kangenan. Kangen bertemu teman lama: orang-orang ahli tentang Indonesia di sana. Terutama Prof David T. Hill. Saya ingin banyak mendengar:

Kegundahan Seorang Temperamental
Senin, 21 Maret 2016 02:08 WIB

KIAN diserang kian menang. "Tidak ada calon presiden yang diserang melebihi saya," ujar Donald Trump. Tidak mempan. Justru dari lima negara bagian yang menyelenggarakan pemungutan suara minggu lalu, Trump hanya kalah di Ohio.

Setelah Emas Hitam Tinggal Hitamnya
Setelah Emas Hitam Tinggal Hitamnya
Senin, 07 Maret 2016 20:44 WIB

SIAPAKAH yang terpukul atas turunnya harga minyak mentah yang begitu drastis? Pertama, pengusaha batu bara. Harga emas hitam ini hilang emasnya, tinggal hitamnya. Tapi, ini hanya soal roda yang memang harus berputar saja.