1 Desember 2023: Untuk Memperingati Hari AIDS Sedunia Dan Masih Banyak Lagi?

1detailcreator | Jum'at, 01 Desember 2023 04:38 WIB | 128 kali 1 Desember 2023: Untuk Memperingati Hari AIDS Sedunia Dan Masih Banyak Lagi?

Berbagai acara dan perayaan penting akan berlangsung pada tanggal 1 Desember 2023. Hari itu jatuh pada hari Jumat di minggu pertama bulan Desember. Di seluruh dunia, ada beberapa momen penting yang akan dikenang pada hari ini.

Salah satu momen yang akan dirayakan secara internasional pada tanggal 1 Desember 2023 adalah Hari AIDS Sedunia. Ada beberapa peristiwa penting lainnya yang akan diperingati pada hari ini.

1. Hari AIDS Sedunia


1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia, Hari Kesehatan Dunia yang pertama kali dikenal secara luas. Menurut laporan dari laman detikSulsel, menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HIV. Hari AIDS Sedunia yang pertama kali diperingati pada tahun 1998, menjadi momentum global untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit ini dan untuk menghormati mereka yang telah meninggal karenanya. Pada hari ini, orang-orang biasanya mengenakan pita merah sebagai simbol dukungan.

Tanggal 1 Desember setiap tahun juga merupakan Hari Kemerdekaan Portugal, untuk memperingati pemulihan kedaulatan Portugal setelah menjadi jajahan Spanyol antara tahun 1580 dan 1640. dikenal sebagai 'Perang Pemulihan', yang mengakhiri kekuasaan Spanyol dan memulihkan kemerdekaan Portugis. Hari ini dirayakan dengan karnaval, kegiatan patriotik, nyanyian dan tarian.

Hari Kemerdekaan Rumania

1 Desember juga merupakan hari kemerdekaan Rumania di Eropa Tenggara. Ini adalah hari libur nasional Rumania untuk merayakan penyatuan Transilvania, Bessarabia, dan Bukovina ke dalam Kerajaan Rumania. Pada tahun 1878, Rumania memperoleh kemerdekaan dari Kekaisaran Ottoman selama Perang Kemerdekaan Rumania. Peristiwa ini, yang dikenal sebagai Hari Penyatuan Besar, dirayakan dengan parade militer di seluruh Rumania.


Ini adalah beberapa acara di berbagai negara untuk menandai 1 Desember 2023. Semoga informasi ini bermanfaat!

.
Yuk Bagikan :

Baca Juga