Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Kabupaten HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, melakukan penyembelihan hewan kurban. Pelatihan bagi para juru sembelih tentang tata cara penyembelihan hewan yang sehat
diselenggarakan. "Kami melakukan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) terkait kesejahteraan hewan dan penyembelihan yang aman, sehat, utuh dan halal di rumah-rumah peternak," kata Bupati HST Aulia Oktafiandi, di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Rabu. Ia menyatakan. Dia mengatakan ada aturan yang harus diikuti dalam penyembelihan hewan kurban dan ini untuk memastikan kualitas daging hewan kurban tetap terjaga.

"Banyak hewan kurban yang disembelih, namun tentu saja ada kemungkinan terjadi penyembelihan yang tidak sesuai dengan kaidah kesehatan dan membahayakan masyarakat yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu, Dinas Pertanian menyatakan bahwa mereka memberikan pelatihan kepada para juru sembelih hewan untuk memastikan bahwa proses penyembelihan hewan kurban selama Idul Adha aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.




Bupati meminta para peserta pelatihan untuk menyebarluaskan pengetahuan yang diperoleh kepada masyarakat lain untuk memastikan bahwa pemotongan hewan kurban di kabupaten tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip kesehatan dan agama. Selain itu, Bupati juga meminta para aparatur sipil negara (ASN) untuk berkurban agar menjadi contoh bagi masyarakat lainnya untuk berbagi dengan masyarakat di hari raya. Sementara itu, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Budi Satria Tanjung, mengatakan bahwa Pemerintah telah menyelenggarakan KIE untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai kesejahteraan hewan dan pentingnya penyembelihan hewan yang aman, sehat, dan halal. "Selain edukasi dan pelatihan kepada petugas penyembelihan, kami juga menurunkan tim untuk memeriksa kesehatan hewan kurban," kata Budi.