Jakarta-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan kemungkinan hujan lebat disertai angin kencang, petir dan sambaran petir bisa melanda sebagian besar wilayah Indonesia saat ini.

Menurut laman resmi BMKG di Jakarta pada Senin, wilayah yang mungkin terdampak antara lain Aceh, Sumatera Utara, Bengkuru, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangkaberitung, Banten, Jawa Tengah, dan Bali.

Kemudian wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Mark Utara, Mark, Papua Barat, Papua.

Deputi ahli meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan timnya menemukan peluang hujan di banyak wilayah Indonesia masih tinggi, setidaknya hingga 9 Mei, meski sudah mulai memasuki musim kemarau.

Hal ini disebabkan adanya beberapa dinamika atmosfer yang masih aktif di Indonesia, yaitu fenomena Madden-Julian oscillation (MJO), gelombang Ekuator Rossby, Kelvin, pola sirkulasi tekanan rendah, pembentukan daerah berputar-putar dan kemungkinan deselerasi angin.

Kondisi ini dapat menimbulkan dampak cuaca ekstrim dari bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, banjir lahar hujan dan tanah longsor, padahal Indonesia akan mulai dilanda musim kemarau, yaitu 2024-6-9, secara bersamaan.

Oleh karena itu, BMKG juga meminta masyarakat untuk terus mengupdate informasi melalui kanal resmi infoBMKG dan menghindari hoaks yang tidak terjelaskan.