Pemerintah negara Kepulauan Pangkalpinang-Bangka Belitung bekerja sama dengan Pemerintah Negara Bagian Jawa Barat untuk meningkatkan stok bawang merah, cabai dan barang-barang lainnya serta mengendalikan harga jelang Idul Adha 2024.

"Kami berharap kerja sama ini dapat mengekang inflasi sebelum hari Raya Idul Adha tahun ini," kata PLT Sekretaris Provinsi Kepulauan Babel Fery Afriyanto di Pan Carpinan, Sabtu.

Dia mengatakan pemerintah Antarpemerintah Kepulauan Babel (G2G) bekerja sama dengan pemerintah Jawa Barat untuk meningkatkan ketersediaan bawang merah, cabai merah, cabe rawit, dan produk nabati lainnya yang berkontribusi terhadap inflasi.



Pemerintah Kepulauan Babel juga menggalakkan pelaku usaha untuk bekerja sama dengan pelaku usaha di Jawa Barat secara business-to-business (B2B), dan ketersediaan berbagai kebutuhan pokok masyarakat Kepulauan Babel selalu terpenuhi, terutama menjelang hari raya keagamaan.

"Sampai saat ini kami masih mengandalkan pasokan cabe, bawang merah, dan barang-barang lainnya dari luar daerah, karena hasil panen sayur petani setempat masih terbatas untuk memenuhi konsumsi masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, untuk menekan inflasi, khususnya menjelang hari raya keagamaan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menginstruksikan pemerintah daerah untuk melakukan pergerakan pasar berbiaya rendah.



Pemerintah Kepulauan Babel juga mengoptimalkan sinergi dengan TPID kabupaten dan kota serta rutin memantau harga pasar.

"Melalui Tim Pengelola Inflasi Daerah (TPID), kami terus melakukan banyak upaya strategis untuk mengekang inflasi dan kenaikan harga pada momen Idul Adha tahun ini," katanya.