Palembang, Sumatera Selatan-Meskipun terjadi gangguan besar-besaran pada distribusi PLN di Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, operasional banyak kantor bank di Sumatera Selatan dapat menggunakan "generator" untuk mensuplai kebutuhan listrik.Selasa (4/6/2024).

Pasokan listrik PLN terputus secara masal sejak pukul 11.03 WIB. PLN menginformasikan melalui rekening Mendsos bahwa transmisi Sutt Lubuk Linggau-Lahat 275kV terputus dan seluruh wilayah pelayanan Jambi dan Bengkulu yang merupakan bagian dari Sumatera Selatan dihentikan.

PLN berupaya semaksimal mungkin dalam proses pemulihan agar jaringan dapat kembali normal dengan cepat.

Banyak kantor bank di Sumatera Selatan telah melakukan backupdengan mengoperasikan genset. Seperti Bank Samsel Babel, Bank BRI, Bank BSI dan juga operator seluler Telkomsel.

"Meskipun tidak ada dampak signifikan dari pemadaman ini pada layanan Bank Sam Selbabel," kata juru bicara Bank BSB Barry Wilson."

" Bank Sam Selbabel

Senada mengatakan bahwa tidak ada gangguan pelayanan pelayanan Bri cabang Palembang.

" Selama ini pelayanan masih bisa diharapkan dengan mesin genset, hanya sinyal komunikasinya agak terganggu, " kata Budhiyanto dari BRI Cabang Palembang.

Hal yang sama diungkapkan oleh M Ridho dari BSI cabang Palembang.Dia juga mengandalkan generator untuk pemrosesan darurat untuk pasokan listrik di lembaganya.

"Tidak ada Insya Allah (gangguan pelayanan), semua cabang ada genset dan tidak ada keluhan dari cabang-cabang terkait gangguan tersebut," kata Ridho.

Demikian pula, hanya Telkomsel, melalui operator seluler dan datanya, yang terus memantau dampak gangguan distribusi listrik. Namun, kami menjamin bahwa layanan pelanggan belum terganggu sejauh ini.

" Belum sampai sejauh ini, namun jika terus berlanjut pasti akan berdampak pada kita sebagai pengguna jasa kelistrikan, " Corcom Telkomsel Sumbagsel Agus Winarto dihubungi.

Insiden gangguan distribusi listrik secara besar-besaran telah menyebabkan sebagian besar kebutuhan dan peralatan kantor dan rumah menggunakan tenaga listrik. Ini mempengaruhi semua sektor karena menggunakannya.