Pangkalpinang-Wakil Presiden Malf Amin didampingi Ibu Hj. Wury Maruf Amin tiba di bandara Depati Amir di Kota Pangkal Pinang pada Selasa siang untuk kunjungan kerja, salah satunya membuka Ijtimaulama Komisi Fatwa Indonesia VIII di Sungailiat.

Dalam kunjungan kerja ke Provinsi Kepulauan Bangka Beritung, Wapres Malf Amin dijadwalkan menggelar Ijtimaulama Komite Fatwa VIII Indonesia pada Rabu (29/5) di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Sungailiat Kabupaten Bangka pukul 10.00 WIB.

Wapres beserta rombongan menggunakan pesawat khusus Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU lepas landas dari pangkalan TNI Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Depatiamir Pangkalpinang sekitar pukul 15.30 WIB.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam 5 menit, Wapres tiba di Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang dan langsung disambut oleh Plt Gubernur Kepulauan Babel Safrizal Zakaria Ali dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

" Kami sedang mempersiapkan kedatangan Wapres Malf Amin untuk hati-hati membuka Ijtima Ulama ini agar acara dengan partisipasi ratusan Ulama se-Indonesia ini dapat terlaksana dengan sukses, " kata Syafrizal.

Dikatakannya, Panitia Fatwa Ulama Ijtima di Indonesia yang diselenggarakan di provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun 2024-5-28-31 dapat memberikan dampak positif karena banyak peserta dari berbagai daerah yang mengikuti sidang tiga tahunan tersebut.

"Kegiatan ini tentunya memberikan dampak kerohanian bagi kehadiran ratusan ulama dan komunitas yang berdampak positif bagi masyarakat Babylon," katanya

Ada juga dampak sosial karena dapat lebih mengedepankan budaya lokal dan memperkenalkan bangsa suku Sebalai sebagai negara yang harmonis.

"Jumlah peserta dapat mempengaruhi ekonomi lokal dan meningkatkan pendapatan pengusaha lokal dan usaha kecil," katanya.