Manggar, Babel - Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci dijadwalkan berlabuh di Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung dalam rute pelayaran bertajuk Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) pada 8-11 Juni 2024. Asisten II Setda Belitung Timur Khaidir Lutfi di Manggar, Kamis, mengatakan daerah itu ditunjuk sebagai salah satu daerah yang akan dilewati rute pelayaran KRI Dewaruci. Ia mengatakan penunjukan Belitung Timur sebagai rute perjalanan KRI Dewaruci karena pertimbangan daerah itu masuk dalam pusaran sejarah jalur rempah-rempah Pulau Belitong. Pulau Belitong, khususnya Kabupaten Belitong Timur, merupakan salah satu jalur pelayaran rempah-rempah bersejarah yang penting di dunia.

"Kegiatan MBJR dapat membangkitkan pariwisata dan mengangkat khazanah budaya dengan tema konektivitas antara Jalur Rempah dan budaya Melayu," katanya. Melalui hal ini, MBJR dapat menghubungkan daerah-daerah perdagangan rempah-rempah dan memperkuat ikatan budaya antar daerah.

Bapak Hendri, Direktur Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Belitung Timur, menyatakan bahwa wilayah ini telah menjadi tujuan wisata pesiar dengan mengikuti jejak peradaban Jalur Rempah. "Diperkirakan KRI Dewaruci akan berlabuh di pelabuhan Ike Kelik, Belitung Timur, pada tanggal 8 Juni 2024," katanya. Hendri menjelaskan bahwa selama berada di Belitung Timur, mereka berkesempatan untuk mengunjungi berbagai situs cagar budaya dan melihat kekayaan alam. "Sedangkan untuk masyarakat di Belitung Timur, mereka bisa melihat dan mengeksplorasi kapal latih TNI AL ini," katanya.