RadarBangka - Informasi dan Berita

Kemungkinan Hujan Di Sebagian Besar Kota Besar Akibat Dua Siklon Tropis

pada Selasa, 16 April 2024 04:02 WIB

JAKARTA - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan keberadaan siklon tropis di wilayah utara Papua Barat dan Bengkulu bagian barat telah mempengaruhi kondisi cuaca di sebagian besar kota besar di Indonesia. Prakirawan BMKG Nurul Izzah Fitria, dalam pernyataan yang dikutip di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa "angin permukaan di wilayah Indonesia secara umum didominasi dari arah timur laut hingga timur dan berkisar antara 10 km/jam hingga 50 km/jam." Dia menjelaskan bahwa sirkulasi siklonik di Samudera Pasifik sebelah utara wilayah Papua Barat dan Samudera Hindia sebelah barat wilayah Bengkulu membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Pegunungan Papua hingga Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Kemudian dari Papua Barat hingga Teluk Cendrawasih, dari Aceh hingga Sumatera Barat, Kepulauan Riau dan perairan utara Kepulauan Bangka Belitung hingga Sumatera Selatan.

Peristiwa cuaca ini juga membentuk pertemuan di Laut Arahul, sebelah utara Sumatra bagian tengah dan barat daya Papua.

"Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah pertemuan dan sirkulasi siklonik," kata Nurul.

Dia menjelaskan bahwa mayoritas prakiraan cuaca di wilayah Sumatera hari ini berpotensi hujan petir. Wilayah yang perlu diwaspadai adalah Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Padang, Pangkal Pinang, dan Bengkulu.

Hujan ringan hingga sedang berpeluang terjadi di Banda Aceh, Banda Lampung, Jambi dan Palembang.

Di Jawa, BKMG memprakirakan hujan ringan hingga sedang di Serang, Semarang, Surabaya dan Bandung. Kondisi berawan mungkin terjadi di Jakarta dan Yogyakarta.

Di Nusa Tenggara, hujan ringan hingga sedang diperkirakan terjadi di Denpasar dan Mataram.

Prakiraan cuaca dapat berubah-ubah di Kalimantan. Hujan ringan hingga sedang diperkirakan terjadi di Samarinda, Banjarmasin dan Palangka Raya, hujan petir di Pontianak dan berawan di Tanjung Selo.
Di Sulawesi, berawan di Gorontalo dan Manado, hujan ringan di Palu, Makassar dan Kendari, dan hujan lebat mungkin terjadi di Mamuju.

Nurulu mengatakan cuaca di wilayah timur Indonesia cukup kondusif yaitu berawan di Ternate, hujan ringan di Manokwari dan Jayapura, serta hujan sedang di Ambon. Suhu udara berkisar antara 19-35°C dan kelembaban 55-100%. Ketinggian gelombang yang diperkirakan di wilayah Indonesia umumnya antara 0.5 dan 2.5 meter. Prakirawan BMKG Nurul Izzah Fitria mengatakan, "Namun demikian, kita perlu mewaspadai kemungkinan terjadinya banjir rob di pantai utara Jawa Tengah."